Lihat ke Halaman Asli

Patrick Fabiano Setiabudi

Binus University Student

Penting! Inilah 10 Ciri-ciri Manager Professional yang Harus Anda Penuhi untuk Mempermudah Kinerja Perusahaan

Diperbarui: 4 Mei 2023   12:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Manajer menjadi salah satu posisi yang paling penting dalam perusahaan karena mereka adalah pengambil keputusan bagi perusahaan. Posisi ini belum tentu dapat ditempati semua orang, karena membutuhkan kualitas khusus untuk dapat meningkatkan tim meningkatkan kinerja perusahaan. Tanggung jawab manajer termasuk membangun kepercayaan antar karyawan, memimpin organisasi, mengembangkan kualitas perusahaan hingga bertindak sebagai pemecah masalah. Tugasnya yang tak bisa dibilang mudah ini membuat anda para calon manajer memiliki 10 ciri -- ciri berikut ini:

Negotiator

Manajer profesional adalah orang yang mampu bernegosiasi. Manajer tidak hanya bertemu dengan karyawannya, tetapi juga pelanggan yang bisa menjadi mitra di perusahaannya. Setiap karyawan dan pelanggan pasti memiliki kepribadian yang berbeda. Mereka tentu memiliki cara pandang yang berbeda dalam menghadapi masalah, dan Anda menjadi pendengar yang baik bagi mereka saat Anda menggabungkan cara pandang yang berbeda tersebut. Ia juga sering bertugas mewakili perusahaan dalam negosiasi, yang tentunya berkaitan dengan keberlangsungan organisasi.

Controller

Seorang manajer dapat diakui sebagai seorang profesional ketika dia mampu menangani semua situasi di hadapannya. Artinya, jika dia mengalami gangguan besar dan tiba-tiba pada saat itu, dia bisa menjadi benteng pertahanan bagi perusahaannya. Ia juga mampu mengendalikan gangguan-gangguan di dalam perusahaan, misalnya yang disebabkan oleh karyawan itu sendiri.

Juru Bicara

Karena ahli dalam bernegosiasi, tidak mengherankan jika ia juga ditunjuk sebagai juru bicara. Dia memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya. Pekerjaan seorang juru bicara tidaklah mudah karena ia mewakili suatu organisasi atau perusahaan. Apa yang disampaikannya sama dengan apa yang diwakilinya, tentunya membutuhkan perhatian khusus.

Entrepreneur

Sebagai seorang manajer harus pandai melihat peluang. Seperti karyawan lainnya, manajer harus mampu meningkatkan penjualan perusahaan, sehingga harus pandai mengenali siapa saja yang bisa menjadi mitra bisnis perusahaan. Dia harus mengambil risiko, gigih dalam menghadapi rintangan dan berperilaku jujur yang semuanya tergabung dalam proses entrepreneur.

Leader

Manajer adalah pemimpin tim yang bertanggung jawab atas apa yang dilakukan tim. Dia membuat keputusan yang tepat dan cepat, yang tentunya menghasilkan keuntungan dan mencegah kerugian bagi perusahaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline