Lihat ke Halaman Asli

Patricia

Mahasiswa

Berani Tampil Beda, Ajak Anak Kenali Potensi Diri

Diperbarui: 9 Mei 2022   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Naiknya angka peningkatan virus covid-19 membuat sekolah tidak bisa mengadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Hal ini tentu berakibat buruk pada tumbuh kembang anak, sadar akan hal ini, mahasiswa KKN UNDIP bimbingan Muhyidin, S.Ag, M.Ag, MH yang berasal dari jurusan Sastra Indonesia, Patricia n mencoba menghadirkan kegiatan pengembangan soft skill dasar untuk anak-anak di Kota Bogor.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak Jumat, 15 Januari 2020, mendapat respon positive dari warga RT 05 dan anak-anak yang ada.  

“Anak saya baru masuk sekolah, kasian belum kenal teman sudah harus sekolah online, takutnya nanti masuk malah bingung dan berani ngobrol lagi teh,”  

Program “Berani Tampil Beda” merupakan kegiatan pengembangan soft skill pada anak-anak yaitu dengan melatih kemampuan berbicara, kepemimpinan, manajemen waktu dan berpikir kritis seorang anak-anak.

Ketua RT 05, Septiadi mengatakan hadirnya kegiatan ini dilingkungan RT 05 memberi kebermanfaat bagi anak-anak mengingat dimasa pandemic seperti saat ini anak-anak lebih senang bermain gadget.

“Sebagai Ketua RT saya cukup senang, karena di masa pandemic anak-anak lebih banyak bermain hp dan saya lihat malah jadi malas belajar,” ungkap Septiadi.

Nyatanya kegiatan ini tidak hanya diikuti anak-anak dari satu RT saja tapi juga dari RT lainnya.

whatsapp-image-2021-02-09-at-19-56-37-10-6023da948ede481f096d61a3.jpeg

Adapun “Berani Tampil Beda” ini tidak hanya membahas teori saja tapi juga pada praktek, dimana satu persatu anak diminta maju dan mencoba memperkenalkan diri mereka.

Di awal memperkenalkan diri, anak-anak masih terlihat malu-malu bahkan ada yang mau menangis karena takut berbicara, namun setelahnya semua anak mulai berani memperkenalkan dirinya dengan gaya khas mereka.

Selain memberikan pelatihan pengembangan soft skill dasar. Kegiatan ini juga ditambah dengan belajar bersama yang mana untuk membantu adik-adik memahami pelajaran disekolah yang tidak di pahami.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline