Lihat ke Halaman Asli

SRI PATMI

Dari Bumi ke Langit

Negara Mana yang Memiliki Kapal Selam Tercanggih?

Diperbarui: 8 Februari 2022   04:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Gambar : Suara.com

Setelah perang dunia II, dunia yang seharusnya damai masih saja ada konflik. Entah konflik perdagangan atau konfik bersenjata. Atas dasar tersebut, beberapa negara masih mengembangkan peralatan tempur mereka dan salah satunya adalah kapal selam. Negara ini memiliki kapal selam tercanggih dan termutakhir saat ini: 

1. China 

Sebagai negara yang sering berkonflik dengan negara lain, China memiliki kepercayaan yang tinggi utamanya di matra laut. Kekuatan sektor laut China tidak hanya didukung kapal perang saja, melainkan didukung oleh kapal selam yang sangat canggih. Saking canggihnya, tahun 2019 China membuktikan kapal selam kelas Song dengan cara muncul tepat dibelakang salah satu kapal induk AS yaitu Kitty Hawk. Padahal, kapal perang AS tersebut memiliki teknologi tinggi untuk mendeteksi keberadaan kapal lain disekitarnya. Hebatnya, kapal selam China ini tidak terdeteksi dan ketahuan. Selain dapat menghindari sensor, kapal selam ini juga memiliki sistem persenjataan yang canggih mulai dari ranjau laut hingga penembak terpedo yang bisa menyerang target dengan jarak 80 km. China masih memiliki beberapa kapal selam lain yang harus diperhitungkan seperti Kapal selam kelas Yuan yang memiliki pelontar terpedo dengan jangkau target 120 meter dengan peluru dan hulu ledak yang masih menjadi misteri hingga sekarang. Hal yang lebih mengejutkan lagi adalah penampakan kapal selam terbarunya pada Bulan Agustus 2020 di Laut China Selatan. Penampakan kapal selam ini digadang-gadang kapal selam jenis sang yang memiliki hulu ledak nuklir yang dapat menghancurkan kota dalam sekejap. 


2. Amerika Serikat 

Salah satu kapal selam tercanggih milik AS adalah kapal selam Ohio yang memiliki kemampuan berlayar luar biasa yaitu 800 hari nonstop tanpa sekalipun kembali ke pangkalan militer untuk mengisi bahan bakar. Kemampuan itu hanya sebagian kecil dari kekuatan kapal selam tersebut karena senjata didalamnya adalah 24 torpedo trident II yang memiliki kemampuan 475 kiloton thermonuclear per torpedo. Dengan kekuatan  kapal selam tersebut, Kota sebesar London pun bisa diratakan dalam sekejap dengan 1 buah kapal selam jenis ini. Hingga hari ini, AS masih mengoperasikan 14 kapal selam ini yang ditempatkan di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Selain Ohio, AS juga memiliki kapal selam jenis Colombia yang menjadi kapal selam paling mutakhir milik AS sekarang. Bahkan dalam laporan militernya, AS akan berfokus pada pembangunan kapal selam kelas Colombia dengan dana mencapai 32 triliun rupiah pada tahun 2020 dan 60 triliun rupiah tahun 2021. Gerakan ini digunakan sebagai penangkal dan penggentar negara pesaing AS yaitu China dan Rusia. Apalagi, pembangunan kapal selam akan digunakan untuk menangkal trend senjata nuklir dimasa depan. 


3. Rusia 

Negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini memang sangat terkenal didunia militer karena keberanian Putin menantang negara kuat seperti China dan AS. Keberanian tersebut tercermin dari kapal selam mereka yang disebut sebagai senjata terbaik diseluruh dunia. Setidaknya sebelum kapal selam nuklir menjadi trend saat ini, Rusia sudah terlebih dahulu menggunakan teknologi nuklir pada kapal selam mereka seperti kapal selam tipe 955 Borei class, 667 BDRM Belvin Class, 855 Yasen Class dan yang paling canggih adalah PR 981. Kapal selam PR981 ini baru terungkap pada publik pada tanggal 22 Agustus 2020 dan sudah mengejutkan dunia dengan berbagai rekor dan prestasi yaitu kapal selam terbesar didunia, kapal selam dengan persenjataan terlengkap, kapal selam terkuat di dunia. Julukan tersebut diperoleh dengan berbagai pembuktian. Jika dilihat dari denahnya, kapal selam ini memiliki beberap fitur senjata yang terdiri dari dua macam yaitu peluncur torpedo dan misil dibagian depan serta misil nuklir pada bagian atas sebagai senjata pemusnah. Dilengkapi juga dengan sensor inframerah dan semua escape pod jika ada kejadian dinilai berbahaya. Kapal selam milik Rusia ini digerakkan dengan reaktor nuklir pada bagian belakang mesin. Rencananya, Rusia akan terus memproduksi kapal selam jenis ini untuk mencegah bahaya dari pesaingnya yaitu AS dan China. 

Jadii, diantara 3 negara ini, mana yang paling kuat dan paling canggih senjata militernya? 

Baca Juga :

Mengapa kapal selam berwarna hitam?

 https://www.kompasiana.com/patmisri/61b47a9762a7044b77173e62/mengapa-kapal-selam-berwarna-hitam

Dulu Indonesia mempunyai 12 kapal selam, sekarang kok cuma 4?

https://www.kompasiana.com/patmisri/61b8dcd03a18151c421784a2/dulu-indonesia-punya-12-kapal-selam-sekarang-cuma-5-sisanya-kemana

Bogor, 8 Februari 2022

Salam, 

Sri Patmi 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline