Lihat ke Halaman Asli

SRI PATMI

Dari Bumi ke Langit

Asal Usul Nama-Nama Kapal di Indonesia

Diperbarui: 15 Desember 2021   17:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Gambar : Editor.id

Awalan Angka 9

Kapal-kapal di Indonesia diberikan nama dengan membentuk pola. Misalnya kapal pengangkut pasukan, kapal rumah sakit, kapal tanker diberi nomor lambung 9 dan diberi nama tanjung-tanjung yang ada di Indonesia.

Awalan Angka 8

Kapal dengan nomor lambung awalan 8 misalnya Tongkol 813 adalah kapal patroli diambil dari nama ikan.

Awalan Angka 7

Nomor lambung berawalan 7 pada kapal digunakan sebagai kapal penyapu ranjau, namanya menggunakan nama-nama pulau kecil di Indonesia seperti KRI Pulau Rengat 711.

Awalan Angka 6

Kapal dengan nomor lambung berawalan 6 adalah kapal cepat rudal dengan penamaan senjata di Indonesia. Contohnya : KRI Celurit 641, KRI Mandu 621, KRI Kerambit 627.

Awalan Angka 5

Kapal pengangkutan tank dan Landing from dock menggunakan awalan bernomor 5. Kapal ini dinamai dengan nama-nama Teluk. Sedangkan Landing from dock diberi nama sesuai kota pelabuhan di Indonesia misalnya KRI Surabaya, KRI Makassar dan KRI Banjarmasin.

Awalan Angka 4

Ilustrasi Gambar : antara News 

Kapal dengan awalan angka 4 adalah kapal selam namanya diambil dari nama-nama senjata dari cerita pewayangan. Contohnya KRI Nanggal 402.

Awalan Angka 3

Kapal dengan fregat menggunakan nomor lambung 3 namanya menggunakan nama-nama pahlawan contohnya : KRI Diponegoro 365, KRI Ahmad Yani 351 dan KRI RE Martadinata 331.

Awalan Angka 1

Kapal dengan nomor lambung berawalan 1 dipersiapkan untuk kapal induk Indonesia. Sampai dengan saat ini, Indonesia belum memiliki kapal Induk.

Awalan Angka 2

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline