Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Metode Tartila Pesantren Kyai Sayarifuddin Kumpulkan Para Asatidzah Wonorejo-Kedungjajajng-Lumajang

Diperbarui: 15 Desember 2022   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Metode Taetila_ Pendidikan merupakan kewajiban bagi setiapyang merupakan cerminan akan maju atau mundurnya bangsa.karena pendidikan merupakan proses untuk merubah dan mengembangkan pengetahuan dan bukan sekedar mewarisi kebudaya an dari generasi ke generasi.

Pondok pesantren merupakan salah satu alat alternatif terbaik bagi orangtua yang mau mendidik anak nya agar  lebih baik.ketika anak berada di pesantren ,panggilan itu bukan anak lagi melainkan santri.santri itu biasanya di tuntut berbagai macam salah satunya  mampu membaca Al-Qur,andengan baik dan lancar.Banyak santri di pondok pesantren yang bisa membaca al Al-Qur'an,akan tetapi lebih indahnya jika membaca Al-Qur'an itu dengan metode.maka dari itu di pondok pesantren kyai syarifuddin asrama khodijah aisyah dan TQ Al-yumna mengadakan pelatian metode tartila.

Metode tartila ini metode yang mana bertujuan untuk bisa membaca Al-qur'an dengan baik.

sebelum metode tartila muncul sudah ada beberapa metode yang mengajarkan  tentang tatacara membaca Al-qur'an di pondok syarifuddin,diantaranya metode iqro',Qiro'ati.namun karena metode-metode itu kurang efesien,menjenuhkan,serta memerlukan banyak waktu,maka pondok syarifuddin  sepakat untuk mengadakan metode tartila guna untuk memperindah dan mempermudah dalam belajar membaca Al-Qur'an.

Di pondok syarifuddin sudah dua kali mengadakan training metodetartila,dan pada tahun ini dilaksanakan  pada tanggal (14/12/2022).Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperoleh syahadah sebagai syarat mengajar Al-Qur'an dengan menggunakan metode tartila.materi-Materi yang di ajarkan dalam pelatihan tersebut banyak diantaranya yakni:Materi fiqhi,management tartila,cara mendirikan TPQ,visi misi tartila,cara mengajarkan melalui metode tartila, cara membuka dan menutup kegiatan belajar mengajar,dan lain sebagainya.

dalam pelatihan kegiatan metode tartila ini ada 3 pemateri yang mengisi acara ini antara lain ustd.widi,ustd.urif dan ustadzah luluk.mereka sangat telaten dalam menyampaikan dan mencontohkan materi materi tersebut.

setelah pasra ustadzah mengikuti pembinaan daaan memperoleh materi yang berkaitan dengan pembelajaran Al-qur'an dengan metode tartila,selanjutnya para ustadzah wajib wajib mengikuti tashih. Setelah dinyatakan lulus tashih,mereka berhak mendapatkan syahadah.

"saya sangat beruntung karena bisa mengikuti pelatihan metode tartila ini karena kegiatan ini bukan kegiatan tahunan jadi hanya saat tertentu,saya juga merasa dek dekan ketika saya mendapat giliran membaca ayat alqur'an dan di tashih oleh beliau-beliau bagi saya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali "tutur ustadzah  pondok yang ikut menjadi peserta pelatihan metode tartila.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline