Lihat ke Halaman Asli

Desiminasi Pembelajaran Abad 21 di Gugus V Gerung

Diperbarui: 8 November 2022   06:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Menjadi Narasumber di Gugus V Gerung bersama TIM

Apa kabar kompasianer se Nusantara? Moga kondisi baik ya dan selalu dalam lindungan-Nya.

Sabtu kemarin, tanggal 5 November 2022 saya bersama tim (Kurdi, Muslihul Amyad, Nurtiati) membersamai rekan-rekan guru hebat dengan tema Desiminasi pembelajaran Abad 21 yang berlokasi di SD Negeri 2 Beleka kecamatan Gerung, Lombok Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat. 

dokpri

Peserta yang terdiri dari 64 orang guru dari 5 sekolah. Kelas di bagi menjadi dua ruang belajar. Ruang pertama dari guru SD Negeri 1 dan SD Negeri 2 Beleka sedangkan ruang kedua dari SD Negeri 3 beleka dan SD Negeri 1 Dasan Tapen dan SD Negeri 2 Dasan Tapen.

Tugas saya sebagai narasumber di ruang kedua bersama pak Muslihul Amyad. Kami menjadi tim dengan berkolaborasi membersamai rekan guru.

Kegiatan dimulai dengan peserta diminta untuk membuat lingkaran besar dan menyebutkan nama panggilan beserta satu kata positif. Misalnya "Erni yang enerjik".

Peserti dibagi menjadi empat kelompok dan membuat sebuah gambar pemandangan, waktu mengerjakan 5 menit. Peserta kemudian menunjukkan ke rekannya gambar yang dibuat.

Sebagian besar peserta menggambar  dua gunung yang ketika diminta pendapatnya ternyata alasan peserta karena mereka juga dulu diajar gurunya seperti itu bahkan mereka juga mengajar siswa seperti itu pula. Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar dari zaman dahulu hingga sekarang perubahan gaya mengajar tetap artinya mengajar secara konvensional. Guru sebaiknya melakukan perubahan sesuai dengan kodrat zaman anak (materi perubahan paradigma).

Materi selanjutnya yaitu relabelling atau merubah panggilan (lebel) anak dari yang negatif ke positif misalnya anak yang "nakal" menjadi anak yang "aktif". Peserta membuat jurnal sesuai dengan petunjuk atau instruksi yang diberi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline