Lihat ke Halaman Asli

Daniel Pasedan

Berkeluarga, dua anak

Penulis Seperti Apakah Saya?

Diperbarui: 8 Mei 2018   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apakah saya sudah layak disebut Penulis? Mengapa rasa tidak percaya diri lebih dominan dan cenderung menghalangi hasrat untuk menyatakan ekspresi melalui untaian kata kalimat?

Apa sesungguhnya yang sedang terjadi pada diri saya?

Saya memahami dan meyakini bahwa mewujudkan pikiran, rasa dalam wujud aksara adalah salah satu cara menjaga, memelihara kesehatan jiwa.

Kesadaran inilah yang memaksa saya untuk mulai menulis lagi.

Sejenak membuka dan membaca coretan masa lalu, hadir rasa bangga, memori berkelana menjangkau masa yang lampau.

Mencermati topik, persoalan yang sudah tertuang menjadikan tanya baru; sesungguhnya saya tukang coret macam apakah? Sebaiknya gaya menulis seperti apa yang terbaik dari diri ini?

Aghhh... saya maunya mengalir begitu saja tanpa harus mengikuti pakem tertentu.

Saya paham... menulis bukan untuk siapa-siapa dan apa-apa, namun tulisan adalah untuk diri sendiri; namun ingat,  yang membaca tulisan juga butuh mengerti sebenarnya apa yang hendak disampaikan.

Baik,

Saya pernah mengalami situasi kejepit tronton gandeng di bang jo down. Tatkala gelora menulis menggebu, apa saja yang terlintas di pikiran bisa tertuang nyaman, bahkan moment pup tidak terlepas dari onani ide. Rasanya sungguh nikmat ketika ide segar sesegera tertuang.

Namun alangkah naas, fakta yang terjadi di sekitar dan dituangkan dalam untaian kata secara jujur tanpa tendensi aneh-aneh terhadap pihak manapun mendapat komplain, tamparan, lebih tepatnya hardikan untuk : "hentikan menulismu...! orang bisa berprasangka lain terhadap kawanmu, pimpinanmu, lembagamu!"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline