Lihat ke Halaman Asli

Shoultan MaulanaM

manusia biasa

Pelatihan K3 Pada Karang Taruna Desa Sidomulyo serta Pendampingan pengalasan PMM Mitra Dosen UMM

Diperbarui: 20 Juni 2023   04:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PMM Mitra dosen

Dalam proses pengelasan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3) harus diutamakan daripada pengelasan. Pertama pelaksanaannya, kemudian pembenarannya.  Pengalasa  adalah  menggabungkan dua atau lebih logam menggunakan panas untuk melelehkan dan mengikat bahan menjadi satu. Pengelasan umumnya digunakan di berbagai industri termasuk manufaktur, konstruksi, otomotif dan perbaikan. Maka kami melakukan edukasi terkait kesehatan dan keselamatan Kerja pada pemuda karang Taruna

Hal tersebut membuat kami mahasiswa Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PMM) dan mitra dosen program sarjana Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang untuk memberikan bantuan alat las. Penyaluran bantuan alat las dilakukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Rombongan PMM terdiri dari lima orang yang memilih berkolaborasi dengan karang taruna Desa Sidomulyo. Hal ini didasari oleh faktor Usaha Pengelasan yang cukup menguntungkan mengingat banyaknya tanaman hias di desa Sidomulyo.

Kegiatan ini mendapat reaksi positif dari karang taruna desa Sidomulyo yang tercermin dari antusiasme mereka untuk mengikuti kegiatan pendampingan pengelasan ini.

Pengelasan membutuhkan keterampilan dan pengetahuan khusus untuk melakukannya dengan aman dan efisien, serta penggunaan peralatan las yang tepat. Dari kami Kelompok Mitra Dosen PMM, kami berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat dan hal positif bagi organisasi kepemudaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline