Lihat ke Halaman Asli

Hari Pendidikan Nasional, Gerindra: Butuh Kepemimpinan Kuat untuk Memajukan Pendidikan Bangsa

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prof. Suhardi mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari ini, 2 Mei 2014. “Partai Gerindra mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga peringatan Hari Pendidikan Nasional ini menjadi momentum untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.”

Prof. Suhardi mengatakan bahwa hingga saat ini masih banyak anak Indonesia yang belum merasakan pendidikan secara layak, “Padahal pendidikan anak bangsa adalah tanggung jawab pemerintah, namun pada kenyataannya masih banyak anak Indonesia yang belum mendapatkan pendidikan yang layak bahkan sampai ada yang putus sekolah. Padahal kualitas pembangunan manusia Indonesia ditentukan oleh kualitas pendidikan.”

“Hal lain yang patut dicermati adalah kurikulum pendidikan saat ini lebih terfokus pada unsur kognitif atau akademis. Padahal dalam pendidikan ada 3 unsur yang harus terpenuhi yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Karena fokus pada unsur kognitif, maka  arah pendidikan saat ini lebih kearah akademis atau usaha untuk meraih nilai setinggi-tingginya.”  tutur Prof. Suhardi.

Menurut Prof. Suhardi, pada akhirnya dua unsur lainnya terlupakan, “Seperti misalnya dalam unsur afektif  yaitu pendidikan budi pekerti, moral, dan agama semakin berkurang jam pelajarannya. Padahal unsur afektif sangat penting untuk membangun kepribadian seseorang.  Apalah artinya nilai akademis yang bagus jika tidak diimbangi dengan budi pekerti yang baik.”

“Selain itu jangan dilupakan pula unsur psikomotorik, pendidikan olahraga sangat penting untuk menjaga siswa tetap sehat, ada pepatah yang mengatakan bahwa, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Namun pada kenyataannya, pelajaran olahraga dalam kurikulum pendidikan saat ini semakin berkurang.” lanjut Prof. Suhardi.

Prof Suhardi juga mengatakan bahwa Gerindra punya komitmen yang sangat besar terhadap kemajuan pendidikan Indonesia, “Kami menyadari bahwa bangsa ini bisa bangkit jika masyarakatnya cerdas, untuk mewujudkan hal tersebut tentunya kualitas pendidikan harus ditingkatkan. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan mengembangkan pendidikan yang berlandaskan Pancasila, melaksanakan wajib belajar 12 tahun hingga seluruh pelosok Indonesia, serta meningkatkan kesejahteraan tenaga pengajar.Hal tersebut tertuang dengan jelas dalam program kerja Gerindra dalam 6 Program Aksi Transformasi Bangsa.”

“Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya butuh kepemimpinan nasional yang kuat. Butuh sosok pemimpin yang berani, jujur, tegas, dan amanah agar pendidikan di negara ini lebih baik. Prabowo Subianto yang diusung oleh Gerindra dalam pilpres mendatang adalah sosok yang tepat bagi negeri ini.” tutup Prof. Suhardi.

---

Partai Gerindra

Partai Gerindra adalah partai politik yang mempunyai visi untuk menjadi partai politik yang mampu memberikan kesejahteraan pada rakyat, keadilan sosial, dan tatanan politik negara yang berlandaskan nilai-nilai nasionalisme dan religiusitas dalam wadah NKRI. Hingga saat ini, Gerindra adalah satu-satunya partai politik yang mempunyai program kerja yang jelas dan terukur yang dituangkan dalam 6 Program Aksi Transformasi Bangsa Partai Gerindra. Dari banyaknya penghargaan yang diterima partai Gerindra diantaranya adalah penghargaan dari Transparency International Indonesia (TII) dan Indonesia Corruption Watch (ICW) sebagai partai politik dengan transparansi keuangan terbaik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline