1. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut ini! (1) Membuat model struktur sel tumbuhan (2) Mengidentifikasi berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman (3) Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda (4) Mendeskripsikan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan (5) Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah Berdasarkan tujuan pembelajaran di atas, maka tujuan yang paling membutuhkan jenis pengetahuan prosedural adalah ....
A. (1) dan (2) B. (1) dan (3)* C. (2) dan (3) D. (3) dan (4) E. (4) dan (5)
2. Indikator yang sesuai untuk aspek berpikir tingkat tinggi dari rumusan KD “Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan adalah... .
A. menjelaskan perpindahan kalor secara radiasi
B. menyebutkan penerapan konsep pemuaian benda padat dalam kehidupan sehari-hari
C. menjelaskan perbedaan suhu dan kalor
D. menganalisis mekanisme pengaturan suhu tubuh yang menggigil karena kedinginan*
E. mendefinisikan prinsip azas Black
3. Analisis kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi campuran dan larutan harus diarahkan agar siswa aktif berpikir kreatif, berkomunikasi, mencari dan mengolah data, dan akhirnya menyimpulkan. Model pembelajaran yang tepat sesuai kebutuhan tersebut adalah... .
A. Collaborative B. self directed
C. project based D. cooperative E. problem based*