Lihat ke Halaman Asli

Modul 3.1.a.7 Demonstrasi kontekstual Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Diperbarui: 4 Agustus 2022   05:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Modul 3.1.a.7 Demonstrasi kontekstual- Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

Parluhutan Sihombing

SMP Negeri 1 Sei Kepayang

CGP Angkatan 4

Untuk dapat mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak di sekolah UPTD SMP Negeri 1 Sei Kepayang dengan cara saya akan memulai dari diri saya sendiri untuk menerapkan pengetahuan yang dapatkan dari program guru penggerak secara konsisten dan berkesinambungan. Kemudian saya akan berkoordinasi dengan kepala sekolah meminta izin untuk melakukan sosialisasi kepada rekan guru lainnya di kantor dewan Guru, Komunitas Praktisi Guru (Guru SUNGKEP Maju) dan Murid (Murid Cerdas) yang sudah terbentuk di UPTD SMP Negeri 1 Sei Kepayang. Dimana kegiatan pengimbasan yang saya lakukan dimulai dengan dokumentasi dari beberapa kegiatan penting aksi nyata, elaborasi, kolaborasi (LMS) dan lokakarya dengan tujuan agar diberi rangsangan dan motivasi  bagi peserta serta dilanjutkan dengan penyampaian materi Program Guru Penggerak. Selanjutnya di lingkungan asal, saya akan  mentransfer pengetahuan Program Guru Penggerak ini di wadah berbagi ilmu di media sosial atau dunia maya yang banyak memotivasi orang, misalnya : facebook, instagram, youtube, guru berbagi dan blogspot. 

Dengan cara diatas harapan saya agar apa yang telah saya bagikan dan terapkan  dapat menjadi  motivasi dan keingintahuan yang tinggi kepada teman-teman guru di sekolah tempat saya mengajar ataupun sekolah lain serta lingkungan asal memiliki kemauan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan diri dengan ikut serta mengikuti Program Guru Penggerak angkatan berikutnya. 

Langkah-langkah yang akan saya terapkan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran adalah dengan menganalisis kasus terlebih dahulu dan menentukan apakah kasus tersebut termasuk dilema etika atau bujukan moral. Jika kasus yang dianalisis merupakan sebuah dilema etika maka saya akan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan keputusan yang sudah saya pelajari dan pahami pada Modul 3.1. Setelah saya mengidentifikasi situasi permasalahan yang saya hadapi, apakah jenis dilema etika atau bujukan moral selanjutnya Langkah-langkah yang dilakukan yaitu:

  • Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan 

  • Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini.

  • Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.

  • Pengujian benar atau salah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline