Lihat ke Halaman Asli

Parlin Pakpahan

TERVERIFIKASI

Saya seorang pensiunan pemerintah yang masih aktif membaca dan menulis.

Eks Dubes AS untuk PBB Nikki Haley: Habisi Mereka!

Diperbarui: 31 Mei 2024   17:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nikki Haley di cangkang peluru tank IDF "Habisi Mereka". Foto : Anadolu via kompas.tv

Eks Dubes AS untuk PBB Nikki Haley : Habisi Mereka!

Tindakan Haley, yang juga mantan calon presiden AS dari Partai Republik untuk pemilihan tahun 2024, terjadi ketika Israel sedang melakukan serangan militer besar-besaran di Gaza yang telah menewaskan ribuan teroris Hamas, termasuk warga Arab-Palestina yng terkena peluru nyasar atau pecahan Bom bahkan terhantam roket Hamas yang tak terkendali karena eror.

Haley mengkritik pemerintahan Joe Biden karena menahan pengiriman senjata untuk mencegah serangan Israel di kota Rafah di selatan Gaza, dan mengecam pengadilan kriminal internasional ICC, yang sedang mencari celah untuk penangkapan Netanyahu, termasuk penangkapan gembong utama Hamas seperti Yahya Sinwar, Muhammad Deif dan Ismail Haniyeh, dan Mahkamah Internasional ICJ yang disetting sedang mempertimbangkan tuduhan genosida terhadap Israel.

Jalan pasti untuk tidak membantu Israel adalah menahan senjata. Jalan pasti untuk tidak membantu Israel adalah memuji ICC, ICJ atau siapa pun yang mengutuk Israel ketimbang mengutuk apa yang terjadi, demikian Haley.

Amerika perlu melakukan tindakan apa pun yang dibutuhkan Israel dan berhentilah menggurui Israel tentang cara bertempur. Anda itu teman atau bukan, tambah Haley.

Kunjungan Nikki Haley ke Israel seiring dengan propaganda Iran-Hamas yang semakin merebak di Eropa dan Amerika, seakan bangsa Amerika dan berbagai bangsa di Eropa tunduk pada propaganda ini, sehingga orang hampir lupa yang terjadi sesungguhnya adalah holocaust bagi Israel di Kfar Azza pada 7 Oktober tahun lalu yang menelan ribuan korban jiwa. 

Di sisi lainnya kita lihat pemilihan presiden yang sudah dekat di Amerika yang membuat suhu politik semakin memanas, dimana Biden dan Partai Demokrat mulai banyak merangkul warga Amerika dari kalangan kiri hingga ekstrim kiri seperti para imigran dari middle-east, tak heran yel-yel politik Biden seakan menyuarakan penyelamatan Hamas yang kini terkepung rapat di Rafah.

Yang perlu digarisbawahi disini adalah pernyataan dan tindakan Nikki Haley, terutama dalam konteks konflik Israel-Arab Palestina, mencerminkan pandangan yang sangat tegas dan pro-Israel.

Nikki Haley jelas menunjukkan dukungan penuh terhadap Israel, mengkritik kebijakan Joe Biden yang dianggapnya menahan pengiriman senjata yang dibutuhkan Israel. Haley berpendapat AS seharusnya mendukung Israel sepenuhnya tanpa mempengaruhi taktik militernya.

Haley mengkritik ICC dan ICJ, menyatakan bahwa upaya untuk mengejar pemimpin Israel melalui jalur hukum internasional adalah salah arah. Menurutnya, lembaga-lembaga ini seharusnya mengutuk tindakan Hamas, bukan Israel.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline