Lihat ke Halaman Asli

Parlin Pakpahan

TERVERIFIKASI

Saya seorang pensiunan pemerintah yang masih aktif membaca dan menulis.

Getting Old

Diperbarui: 25 November 2023   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Getting Old. Foto: pamityangan2.com

Getting Old

Era 60-an ada awal era musik rock modern dimulai, setelah era Elvis Presley dkk ending. Kita mengenal Beatles dan Stones dkk disini, menyusul 1970-an yang semakin diramaikan oleh new comer seperti James Gang, Zeppelin, Purple, Kiss, Genesis, Black Sabbath dst dst.

Musik Rock 70-an boleh dibilang adalah masa keemasan musik rock, termasuk genre lain yang kreatif yang menyisipkan rock dalam musiknya seperti Bob Dylan, Crosby Still Nash and Young, Simon and Garfunkel dst dst.

Syair lagu-lagu mereka rata-rata menyuarakan pemberontakan generasi. Anak-anak muda ketika itu memberontak dari kungkungan konservatisme, memberontak dari ketidakadilan sosial, ketidakadilan gender, mengkoreksi pemerintahan yang berbaju demokrasi tapi berhati devil karena prakteknya ternyata warmonger semua.

Dalam konteks inilah saya terkenang James Gang, sebuah band rock-blues-folk dari AS. Nama band ini dikreasi dari nama legendaris seorang kriminal tapi budiman yi Jesse James. Band yang berasal dari kawasan selatan AS ini banyak menyuguhkan lagu-lagu kreatif yang dimix bermacam-macam genre, dengan fondasi utama rock.

Salah satu lagu James Gang yang ada dalam kenanganku adalah "Getting Old", yi bagaimana ketika kita menjadi tua. Syair lagu ini bukan tentang sunrise dan sunset, melainkan tentang kefanaan yang kita hadapi, ketika kita diperhadapkan pada sebuah kekosongan sempurna.

Saya juga suka "Kick Back Man", yi tentang uang kotor dari seseorang dan diterima seseorang lainnya. Kita sudah membayangkan seperti apa James Gang berpuisi disini sebagai gambaran zaman ketika itu. Kick Back Man bahkan lagu utama Godbless yang dibawakan secara sempurna oleh rocker Indonesia Ahmad Albar.

Di Spotify now, Getting Old adalah sebuah lagu yang dicantumkan dalam Rock Klasik 1970-an. Slow rock James Gang ini bermenung tentang waktu yang berlalu dalam hidup anak manusia. Tak terasa kita menjadi tua dan tua dan semakin tua. Betapa permenungan itu akhirnya berpuncak pada beberapa hal saja yang sangat impresif dalam hidup kita. Selebihnya kita sungguh tak berdaya melawan waktu.

Getting Old tak sekadar menua, tapi ada hal yang lebih mendalam dalam slow rock melodious ini.

Penuaan adalah hal alami dari siklus kehidupan. Banyak karya seni mencoba menyampaikan kompleksitas dan keindahan dari pengalaman tsb. Penuaan dapat memicu refleksi mendalam tentang prioritas, nilai-nilai, dan makna hidup, serta mengajarkan kita untuk menghargai momen-momen berharga yang kita miliki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline