Lihat ke Halaman Asli

Parlin Pakpahan

TERVERIFIKASI

Saya seorang pensiunan pemerintah yang masih aktif membaca dan menulis.

Ribuan Akun Bodong di Meta dan X Sudah Dihapus

Diperbarui: 15 Oktober 2023   17:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

X platform ex Twitter sudah menghapus ribuan akun bodong terkait glorifikasi kekejian Hamas. Foto :  abc3340.com

Ribuan Akun Bodong di Meta dan X Sudah Dihapus

Medsos dunia sontak berubah ketika kelompok Hamas merobek pagar perbatasan Israel-Gaza dan membunuhi ratusan warga sipil disana dengan cara yang sangat keji.

Diawali dengan postingan tentang pemenggalan kepala, pemerkosaan, pembunuhan anak kecil bahkan manula dan para bayi. Lalu diplintir lebih jauh lagi dengan menglorifikasinya untuk sebuah perjuangan kemerdekaan. Maka ribuan akun bodong pun tetiba muncul dalam X (dulu Twitter), FBwatch, YouTube, Tiktok, Telegram dst.

Ini betul-betul disinformasi tentang konflik Israel-Arab Palestina sekarang di Gaza. Media sosial dunia khususnya di AS dan Eropa telah melihat peningkatan informasi yang salah tentang konflik antara Israel dan Hamas, termasuk gambar yang direkayasa dan video yang diberi label yang salah.

Petinggi UE, telah mengirimkan permintaan informasi resmi kepada X, untuk menentukan apakah platform tsb mematuhi Digital Services Act (DSA), yi ketentuan yang dirancang untuk melindungi pengguna platform big-tech yang telah diberlakukan belum lama ini.

Atas teguran itu, X telah menghapus ribuan akun yang berafiliasi dengan Hamas dan mengambil tindakan untuk menghapus atau memberi label pada puluhan ribu konten sejak serangan hari Sabtu. Sebagaimana diketahui, Hamas adalah organisasi teroris terlarang di UE.

UE juga meminta Meta yang berurusan dengan facebook untuk menindak disinformasi Israel-Hamas.

UU ITE yang diberlakukan UE mulai berdampak buruk pada big-tech. Gambar dan fakta palsu dan dimanipulasi dilaporkan secara luas di berbagai platform media sosial.

Sebagaimana UU tentang ITE di Indonesia, UE telah mengesahkan DSA menjadi undang-undang pada Nopember tahun lalu. Dengan kejutan Hamas di Israel, UU itu segera diterapkan untuk menghindarkan disinformasi lebih lanjut yang mengacaukan dunia beradab menjadi tidak beradab.

X adalah platform yang memiliki lebih dari 45 juta pengguna di UE. Elon Musk yang memegang platform itu sekarang telah mengiyakan permintaan UE.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline