Lihat ke Halaman Asli

Parlin Pakpahan

TERVERIFIKASI

Saya seorang pensiunan pemerintah yang masih aktif membaca dan menulis.

Leopard 2, Challenger 3 dan M1 Abrams dalam Konflik Rusia Vs Nato dengan Proxy Ukraina

Diperbarui: 27 Januari 2023   16:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MBT Leopard 2. Foto : army.mod.uk

Sejumlah negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (Nato) pada akhirnya acc untuk mengirimkan tank tempur utama Leopard 2 buatan Jerman hingga M1 Abrams buatan AS ke Ukraina untuk mengcounter gempuran Rusia selama musim dingin ini.

Rencana pengiriman ranpur itu semakin kuat setelah media Jerman, Der Spiegel, melaporkan Jerman selaku negara produsen Leopard 2 mengizinkan negara-negara anggota Nato mengirim tank tempur utamanya ke Ukraina.

Berikut delapan negara anggota Nato yang berencana mengirimkan tank tempur utama Leopard 2, Challenger 3 hingga M1 Abrams ke Ukraina.

1. Jerman

Kanselir Jerman Olaf Scholz memastikan negaranya bakal mengirimkan 14 tank Leopard 2 untuk Ukraina setelah sempat galau hingga mendapat tekanan dari berbagai pihak.

Scholz menyampaikan pengumuman itu saat rapat dengan kabinetnya pada Rabu 25 Januari ybl.

2. Amerika Serikat

AS dikabarkan bersiap mengirimkan 30 tank tempur utamanya ke Ukraina. Presiden Joe Biden saat ini sedang dalam tahap finalisasi rencana pengiriman 30 tank M1 Abrams.

3. Inggeris

Inggeris menjadi negara pertama yang mengumumkan pengiriman tank tempur utamanya ke Ukraina. PM Rishi Sunak menyatakan Inggeris akan mengintensifkan dukungannya ke Ukraina, dengan pengiriman tank Challenger 3 dan tambahan sistem artileri, demikian jubir pemerintahan Inggeris, Sabtu 14 Januari ybl sebagaimana dikutip AFP.

Berapa jumlah Challenger yang akan dikirim. Tak dijelaskan. Tapi beberapa analist memperkirakan Inggeris akan mengirim 14 tank Challenger ke Ukraina.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline