Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Perayaan Nyepi yang Mengagumkan di "Park Hotel Nusa Dua Suites and Villas"

Diperbarui: 20 Maret 2018   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Nyepi adalah hari raya masyarakat Bali yang diperingati setiap Isakawarsa (Tahun Baru Saka) menurut penanggalan kalender Bali (Di tahun 2018, jatuh pada 17 Maret) merupakan satu hari untuk berdiam, berpuasa, dan bermeditasi untuk masyarakat Bali.

Park Hotel Nusa Dua Suites and Villas senang dapat menjadi bagian dari sebuah perayaan masyarakat Bali yang unik ini, dimana ada beberapa agenda yang menjadi sorotan utama sebelum dan sesudah perayaan Nyepi.

Melasti

Dua hari sebelum Hari Raya Nyepi, para tamu dapat menikmati pengalaman Melasti. Melastiadalah upacara ritual penyucian diri umat Hindu Bali, yang menurut penanggalan kalender Bali diadakan beberapa haru sebelum hari suci Nyepi. Upacara Melasti diadakan di tepi pantai dengan tujuan untuk memurnikan diri dari semua hal buruk di masa lalu dan membuangnya ke laut. 

Di area Nusa Dua, Melasti diadakan di Pantai Mengiat dan Pantai Segara Samuh, 10 menit berkendara dari resor. Perayaan yang indah ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat baik untuk mempelajari dan mendokumentasikan kebudayaan Bali.

dokpri

Pawai Ogoh-Ogoh

Pada saat Pawai Ogoh-Ogoh, jalanan dipadati orang-orang dan patung-patung iblis yang terbuat dari bambu dan kertas yang melambangkan unsur negatif atau iblis, sehari sebelum hari raya Nyepi yang dikenal dengan nama 'Pangrupukan'. Pawai dimulai sekitar pukul 15.00 dan berakhir tengah malam dengan membakar 'Ogoh-Ogoh' untuk melambangkan bahwa roh-roh jahat telah diusir. Pawai yang diadakan terpusat di luar area ITDC (Indonesia Tourism Development Centre) yang hanya berjarak 7 menit berkendara dari resor dan para tamu dipersilakan untuk bergabung menikmati.

balinese-dance-class-nyepi-5ab0f1abcbe5235f10575112.jpg

Hari Raya Nyepi 17 Maret 2018

Para turis di Bali termasuk tamu yang menginap di hotel diminta untuk tinggal di dalam resor. Para tamu menghabiskan waktu mereka dengan keluarga dan menikmati Hari Raya Nyepi. Memanfaatkan waktu dengan berbagai kegiatan yang terorganisir di resor, temasuk pertunjukan bioskop, kelas tari Bali, kegiatan anak-anak serta sarapan, makan siang dan makan malam prasmanan di restoran Moonsun. Para tamu juga bebas memilih untuk berenang di kolam renang utama atau di infinity pool di lantai enam resor atau di kolam renang pribadi di villa. Salah satu daya tarik utama di Park Hotel Nusa Dua adalah infinity pool.

dokpri

Bualu Village Festival pada 18 Maret 2018

Sebuah acara yang menunjukkan kebahagiaan masyarakat Bali setelah hari raya Nyepi, diadakan di luar ITDC (Indonesia Tourism Development Center) hanya 7 menit berkendara dari resor, dan acara ini gratis. Sebuah perayaan Bali yang luar biasa dan semua turis dapat menikmati musik, budaya, kesenian dan hiburan Bali lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline