Lihat ke Halaman Asli

Paraswati Quin Cikita

Mahasiswi Ekonomi Universitas Diponegoro

Dorong Potensi UMKM, Mahasiswa KKN Berikan Penyuluhan Pemasaran Produk Lewat Media Sosial

Diperbarui: 12 Agustus 2023   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi Tim II KKN UNDIP 

Batang (27/07/2023) - Di era digital yang terus berkembang, media sosial telah mengubah cara pemilik usaha berkomunikasi dengan pelanggan dan dalam memasarkan barang dan jasa mereka. Selain menjadi tempat berbagi momen pribadi, media sosial juga berfungsi sebagai platform pemasaran bagi pengusaha untuk menjual produk dan layanan.

Dengan demikian Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023 mengadakan program penyuluhan tentang pemasaran produk melalui sosial media. Penyuluhan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Juli 2023 di Desa Pucanggading yang berlokasi di Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Tujuan utama dari penyuluhan ini adalah untuk memberikan edukasi tentang konsep dasar pemasaran online, pentingnya pemasaran produk lewat sosial media serta menjelaskan  strategi pemasaran sosial media yang baik, dengan poster sebagai media untuk meningkatkan pemahaman dari pemilik usaha dalam mengembangkan bisnis mereka.

Dokumen pribadi Tim II KKN UNDIP

Penyuluhan ini dimulai dengan pembagian poster, kemudian menjelaskan konsep dasar pemasaran online, selanjutnya membahas pentingnya pemasaran produk lewat sosial media dan jenis - jenis platform nya, dan pada akhirnya memberikan panduan strategi pemasaran melalui sosial media untuk meningkatkan potensi dari UMKM. 

Dengan memahami materi dari penyuluhan tersebut, para pemilik UMKM dari Desa Pucanggading menjadi paham cara untuk mempromosikan produk, meningkatkan visibilitas merek, menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam, serta memahami pasar dengan lebih baik. Dengan strategi yang tepat, para pemilik usaha dapat memanfaatkan potensi media sosial untuk mencapai pertumbuhan bisnis di era revolusi digital ini.

Penulis: 

Paraswati Quin Cikita Amanda R

DPL :

1. Prof. Dr. Hermin Pancasakti K, S.Si., M.Si.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline