Lihat ke Halaman Asli

Selamat yang Terucap Tidak Menyelamatkan

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Praktiknya tidak setiap selamat bisa diucapkan dengan selamat. Walau ucapan itu berakibat suka atau duka, marah atau lega. Dan akhir-akhir ini ada ucapan selamat yang sebenarnya selalu terulang, tetapi menurut pendapat dari tokoh panutan umat berkategori tidak menyelamatkan, bahkan mendatangkan bukan pahala tapi dosa. Tentu saja ada yang berpendapat sebaliknya, ini biasa.

Tapi memang kalau cuma basa-basi tradisi, tidak menyentuh hati. Sepertinya hanya dilakukan agar tak ada yang dibuat marah, dipojokkan oleh stigma. Inilah hasil dari kungkungan semacam  sindroma kepecundangan. Yang menjadikan bertoleransi antar umat bagaikan sebuah gambar, sebuah hasil jepretan kamera dijital yang nurut saja diperlakukan, di’copy-paste’, di’upload’ kapan saja sesuai kebutuhan yang lebih menguntungkan.

Sehingga ucapan selamat yang tampil ada yang mendominasi ruang publik, ada yang tidak. Dan diarahkan sebagai pencitraan pribadi-pribadi yang tidak menggerahkan masyarakat. Sebab, terkadang dalam kondisi teralineasi, maka sekecil apapun yang namanya kepedulian, bagi saya bermakna agung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline