Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Untag Surabaya Melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Kegiatan Mengajar Secara Daring pada TK Bhudi Darma Hutama, Surabaya

Diperbarui: 30 Desember 2021   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Modul Pelatihan/Dokpri

(Surabaya, 13 Desember 2021) Dimas Mahendra Putra adalah salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya kelompok R24 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Herlina, ST., MT. yang berada di salah satu TK di Surabaya yang Bernama TK BHUDI DARMA HUTAMA berlokasi di Tambak Gringsing 3 RT 04 RW 02, kelurahan Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantikan ini melakukan kegiatan pendampingan terhadap guru dalam membantu proses pembelajaran daring (online).

Mahasiswa melakukan pendampingan dan pelatihan guru dalam penggunaan media pembelajaran daring berupa aplikasi Zoom, Google Classroom, serta Quizizz. Banyak orang tua yang mengeluh bahwa mengakses atau mengoperasikan alat pembelajaran online itu sulit. Karena mata pelajaran yang diberikan guru kepada siswa masih tidak tersampaikan dengan baik, dapat dikatakan siswa kurang memahami dan kesulitan dalam menyelesaikan tugas. Karena beberapa kendala tersebut muncul di TK BHUDI DARMA HUTAMA , penulis mengajukan inovasi yang mendukung pembelajaran daring. Dengan kata lain, sistem online menawarkan siswa dan orang tua untuk dengan mudah mematuhi kebijakan pemerintah guna terus belajar dari jarak jauh di masa pandemic COVID-19.

Penulis menerangkan bahwa tujuan adanya pelatihan dan pendampingan pembelajaran daring di lembaga sekolah ini diharapkan dapat membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran online yang lebih kreatif. Di lakukannya pelatihan ini agar pembelajaran online yang diterapkan tidak hanya monoton menggunakan aplikasi chat saja, melainkan peserta didik juga akan mendapatkan kegiatan belajar yang lebih variatif Ketika belajar dari rumah.

Sementara itu, Fadriyan Teguh Nurisarani selaku ketua yayasan berkata bahwa Kegiatan pembelajaran daring pada masa pendemi Covid-19 yang telah dilaksanakan dari tanggal 13-16 Desember 2020 di TK BHUDI DARMA HUTAMA. Oleh karena itu pendampingan dan pelatihan yang dilakukan mahasiswa KKN UNTAG SURABAYA ini sangatlah bermanfaat. "pelatihan seperti ini sangat bagus karena berkesinambungan untuk mengupdate kemampuan tenaga kependidikan dalam menunjang kebutuhan kegiatan belajar mengajar terutama secara daring" ujarnya.

Pada pelatihan ini diperkenalkan dengan peralatan dan aplikasi yang mendukung pembelajaran daring seperti zoom meeting, google classroom, dan quizizz. Para pengajar harus memiliki sebuah akun untuk dapat mengakses aplikasi dan harus memahami fitur -- fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut. Pelatihan ini berhasil di terapkan dan di sosialisasikan kepada orang Tua Murid, tentu juga orang Tua murid ikut andil berperan mendampingi putra putri nya untuk belajar di rumah masing masing tanpa terkendala.

Dalam proses pelaksanaan kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat sekitar khususnya orang tua siswa, dan mendapat dukungan antusias dari Ketua Yayasan dan para guru TK BHUDI DARMA HUTAMA, seperti yang disampaikan oleh Ketua Yayasan bahwa program KKN UNTAG Surabaya ini sangat bermanfaat bagi Lembaga Pendidikan ini. penulis berharap, setelah dilakukan pendampingan dan pelatihan ini para guru semakin kreatif dalam pembuatan media pembelajaran yang tidak monoton. Selain itu, guru juga bisa mengembangkan kemampuannya dibidang teknologi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline