Lihat ke Halaman Asli

Panji Damar

Mahasiswa

Peran Penting Pendidikan Kewarganegaraan untuk Bangsa Indonesia

Diperbarui: 4 Oktober 2024   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan kewarganegaraan adalah pelajaran yang sangat penting untuk membantu membentuk rasa toleransi, tanggung jawab, dan kesadaran sosial. Pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk memberikan bekal nilai nilai kebangsaan dan pemahaman komprehensif mengenai wawasan nusantara, ketahanan nasional, hak dan kewajiban sebagai warganegara, demokrasi, konstitusi serta HAM dalam menghadapi tantangan globalisasi demi eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Kenapa pendidikan kewarganegaraan itu penting untuk bangsa indonesia? karena dalam pendidikan kewarganegaraan memiliki nilai religiusitas, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, nasionalis, kepatuhan terhadap aturan sosial, menghargai keberagaman, sadar akan hak dan kawajiban diri dan orang lain. karena pendidikan kewargenagaraan juga yang membantu menyelesaikan masalah dengan cara bermusyawarah, tidak dengan cara main hakim sendiri atau radikalisme.

Dalam pendidikan kewarganegaraan kita diajarkan untuk menghargai satu sama lain, menerima perbedaan dan keberagaman seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang berarti meskipun Indonesia memiliki beragam suku, agama, ras, dan budaya, bangsa Indonesia tetap menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. 

Jadi kesimpulannya, Pendidikan kewarganegaraan itu penting untuk membantu membentuk rasa toleransi, tanggung jawab, dan kesadaran sosial. Karena Pendidikan kewarganegaraan juga lah kita dapat memahami satu sama lain tanpa memandang perbedaan suku, agama, maupun ras. dan pendidikan kewarganegaraan juga yang mengajarkan bermusyawarah ketika terjadinya konflik atau masalah, tidak dengan main hakim sendirin atau radikalisme.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline