Lihat ke Halaman Asli

Pani Wulandari

Mahasiswa Universitas Pamulang

Hubungan antar-Negara dan Organisasi Perdagangan Internasional

Diperbarui: 20 Juni 2024   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hubungan antar-negara dan organisasi perdagangan internasional memiliki peran penting dalam mempengaruhi aktivitas perdagangan internasional. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang hubungan antar-negara dan organisasi perdagangan internasional, serta referensi yang relevan.

Hubungan Antar-Negara

 Perdagangan internasional adalah suatu aktivitas berdagang yang dilakukan oleh dua negara yang berbeda. Dengan menjalin kerja sama antar negara, maka negara tersebut dapat membentuk relasi persahabatan dengan negara lain. Perdagangan internasional dapat membentuk hubungan persahabatan antar negara, serta membantu dalam meningkatkan kerjasama antara negara-negara yang cenderung pendapatan negaranya meningkat.

Organisasi Perdagangan Internasional

 Untuk mengelola dan mengawasi perdagangan antar-negara, dibentuklah berbagai organisasi perdagangan internasional. Organisasi-organisasi ini memiliki tujuan untuk memfasilitasi perdagangan bebas dan adil antar negara-negara anggotanya, dengan menetapkan aturan dan menyelesaikan sengketa yang mungkin timbul. Berikut adalah beberapa organisasi perdagangan internasional yang penting:

1. World Trade Organization (WTO)

 WTO adalah organisme internasional yang bertugas mengatur perdagangan internasional. Didirikan pada 1 Januari 1995 sebagai penerus dari General Agreement on Tariffs and Trade (GATT). WTO memliki peran penting dalam mengawasi dan mengatur perjanjian perdagangan yang telah disepakati oleh negara-negara anggotanya dan menyediakan forum untuk negoisasi dan penyelesaian sengketa.

   Fungsi WTO :

- Pengawasan Perdagangan, mengawasi pelaksanaan perjanjian perdagangan dan memantau kebijakan perdagangan negara-negara anggota.

- Forum Negoisasi, menyediakan tempat bagi negara-negara anggota untuk berunding mengenai perjanjian perdagangan.

- Penyelesaian Sengketa, menyediakan mekanisme penyelesaian sengketa perdagangan di antara negara-negara anggota.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline