Lihat ke Halaman Asli

Ciri-ciri Pasar Monopolistik dan Oligopoli

Diperbarui: 30 November 2022   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sebelum kita membahas ciri-ciri dari persaingan pasar monopolistik dan oligopoly, kita perlu mengetahui dulu pengertian dari persaingan kedua tersebut. Dimulai dari pengertian pasar sebagai berikut,

Pengertian Pasar

Pasar adalah suatu tempat di mana kita dapat menjual atau membeli suatu barang yang kita ingin beli atau jual. Pada pasar ada yang namanya transaksi dan ada harga pada setiap barang yang akan di jual atau dibeli. Pasar memiliki banyak jenis, setiap jenis memiliki ciri yang berbeda, ada dua jenis pasar yang akan saya bahas kali ini, yaitu sebagai berikut.

Pasar Persaingan Monopolistik

Merupakan struktur pasar yang memiliki banyak produsen dan menghasilkan barang yang serupa, memiliki perbedaan walaupun sedikit. Penjualnya tidak terbatas, sederhananya seseorang mejual barang yang sama akan tetapi terdapat sedikit selisih perbedaan nilai jual antara produsen satu dan produsen dua. Sederhanya adalah warung makan geprek.

Ciri-Ciri Pasar  Persaingan Monopolistik

1. Jumlah produsen lebih banyak

Mengapa demikian ?. Hal itu terjadi karena pasar persaingan monopolistic sangat mudah untuk masuki oleh produsen baru karena biasanya barang yang dijual tidak cukup sulit untuk di buat, ya seperti contohnya geprek tadi.

2. Jenis barang differensiasi (memiliki unsur pembeda)

Produsen memang menjual barang yang sama akan tetapi di detiap barang memiliki karakteristik yang berbeda atau memiliki kelebihan. Semisal dari geprek satu orang cenderung memilih geprek dua karena rasa yang sangat enak dan harganya sama dengan geprek satu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline