Lihat ke Halaman Asli

SBY, Sampoerna, dan Century

Diperbarui: 26 Juni 2015   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ini soal mafia. Kompas hari ini, 17 September 2010 halaman 5 menyajikan 2 tulisan yang membuat saya tercenung hampir merinding. Yang satu "Involusi Reformasi" oleh Yonky Karman, yang menyoroti kelabunya situasi reformasi kita karena manajemen pemerintahan yang sangat bermasalah. Yang kedua adalah tulisan dr. Kartono Mohamad, yang ini yang lebih membuat merinding, berjudul : Rolls Royce 234. Ada kutipan Kompasianer Wisnu Nugroho ditampilkan di artikel itu.

Secara singkat tulisan soal Rolls Royce 234 ini menyoroti sepak terjang para konglomerat industri rokok yang sudah lama berkolusi dengan penguasa dan pejabat, serta para politisi parlemen . Hasilnya adalah undang-undang yang lembek soal rokok, zat adiktif nikotin yang telah dicoret dari teks UU bikinan DPR, peringatan kecil akan bahaya rokok di bungkus rokok atau papan billboard raksasa yang seharusnya peringatan itu bergerak bentuk dan gambarnya, hingga keikutsertaan dalam iklan-iklan kegiatan kemasyarakatan. Yang semuanya telah terlarang dan diperketat di negara-negara maju. Juga strategi intelijen para mafia rokok dunia dan di negeri kita .

SBY pernah meresmikan pabrik rokok yang ke-31 Sampoerna ! Mungkin SBY adalah satu-satunya presiden di dunia ini, selama ini, yang berani meresmikan pabrik rokok ! Rokok yang bertanggungjawab membunuhi banyak sekali orang selama berdekade-dekade.

Singkat kata, apa hubungan kehebohan Bank Century, yang menyeret nama bos Sampoerna sekilas, dengan peresmian pabrik Sampoerna oleh SBY, serta kecurigaan dana ke partai peserta pemilu yang ternyata dimenangkan PD ?

Prihatin karena rokok adalah industri terkait mafia, bersama-sama dengan perjudian, perdagangan narkoba, serta pelacuran / perdagangan manusia/ perbudakan modern.

Prihatin karena Presiden kita adalah pendukung mafia rokok itu.

Apakah arti hubungan tiga nama ini: SBY, Sampoerna, Century.

Rakyat yang mati karena rokok, rakyat yang membelikan Sampoerna mobil Rolls Royce 234.

dr. Kartono Mohamad adalah mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline