Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM 20 Ciptakan Pembelajaran Menyenangkan dengan Pocket English

Diperbarui: 25 Februari 2023   01:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.youtube.com/watch?v=dA7LMiSSYaw

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 20 Gelombang 13 Universitas Muhammadiyah Malang dengan DPL Ibu I'anatut Thoifah, M.Pd.I menerapkan pembelajaran melalui Pocket English bagi para siswa kelas 6 SDN 1 Panji Lor, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pengabdi memulai pembelajaran dengan menerangkan mengenai tense dan memberikan contoh soal yang diambil dari buku saku Pocket English beserta cara mengerjakannya. Antusias siswa kelas 6 terlihat ketika pengabdi menunjuk satu perwakilan pada masing-masing kelompok untuk menjawab soal yang diberikan. 

Perwakilan kelompok tersebut berebutan untuk memilih soal yang akan mereka jawab di depan kelas. Kemudian pengabdi juga menguji kepahaman reading Bahasa Inggris dengan memanggil siswa lain sebagai perwakilan kelompok mereka. Terlihat beberapa siswa masih malu untuk membaca kalimat Bahasa Inggris di depan kelas, namun pengabdi memberikan stimulus dengan buku pocket dan memberikan hadiah bagi yang mau maju ke depan kelas.

Keceriaan ditunjukkan oleh para siswa melalui antusiasme mereka saat menerima pembelajaran oleh pengabdi menggunakan Pocket English tersebut. Para siswa menyatakan bahwa mereka senang ketika menerima bentuk pembelajaran yang interaktif dengan menjawab soal di depan kelas dan ketika ditunjuk untuk hafalan daripada hanya mengumpulkan buku pekerjaan sekolah. Guru wali kelas 6 juga menyampaikan rasa terimakasih atas inovasi yang diberikan. Adapun para siswa dan guru menyayangkan atas keberadaan pengabdi yang terbatas oleh waktu di sekolah tersebut.

Meskipun dengan keterbatasan waktu yang ada dan telah hadirnya buku LKS baru oleh pihak sekolah, pengabdi berharap bahwa inovasi Pocket English ini dapat terus menjadi pedoman dan motivasi bagi siswa untuk terus meningkatkan keilmuan mereka dalam mata pelajaran Bahasa Inggris baik di sekolah maupun di rumah nantinya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline