Lihat ke Halaman Asli

Jangkauan dan Ranah Retorika

Diperbarui: 12 Juni 2024   00:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Ruang lingkup adalah cakupan dengan batasan subjek yang dicakup retorika seperti definisi, materi, unsur, tujuan, komponen dan hubungannya dengan ilmu lain. Ruang  lingkup retorika juga termasuk pembicara, pesan, dan pendengar.

Ruang lingkup retorika adalah lintas komunikasi yang terjadi antara pembicara dan pendengar secara tatap muka atau dunia maya, baik verbal yang melingkupi lisan dan tulisan maupun nonverbal yang meliputi bahasa tubuh.

Retorika dapat di artikan secara sempit dan luas. Retorika hanya berarti seni berbicara atau bercakap dan Secara luas retorika seni, keterampilan, pengetahuan, dan ilmu berkomunikasi secara lisan ataupun tulisan serta bahasa tubuh.

Dalam definisi sempit, retorika berkaitan dengan tata bahasa, logika, dan penyampaian pesan dari pembicara kepada mendengar. Dalam pengertian luas, retorika bukan hanya pidato dan ceramah, namun juga termasuk semua masalah komunikasi yang terus berkembang.

Sifat ilmiah retorika itu adalah empiris, sistematis, analitik, objektif, verifikatif, kritis dan logis. Tujuan utama retorika yang juga memengaruhi, opini, dan perbuatan pendengar secara efektif dapat dilakukan dengan menggunakan sifat ilmiah retorika tersebut.

Secara filosofis, ada beberapa pertanyaan yang menyangkut retorika yang pertama, ontologis, yakni apa itu hakikat retorika ?. Kedua, mencakup pertanyaan epistemologis, yakni bagaimana cara seseorang memperoleh pengetahuan terkait retorika ?. Ketiga, aksiologis, apa manfaat retorika ?.

Pada awalnya, unsur-unsur retorika ada tiga, yakni.pembicara, pendengar dan pesan yang bersifat informatif, persuasif, dan rekreatif yang biasa materi atau isi  pidato. Namun belakangan, media merupakan unsur penting  retorika, baik media tradisional, konvensional maupun media sosial.

Komponen retorika setidaknya ada tiga. Pertama, pathos. Artiinya kemampuan persuasi (membujuk atau memengaruhi hati dan pikiran). Seorang pembicara harus memiliki pathos agar mampu menarik emosi pendengar sehingga pendengar hanyut dalam kesedihan, merasa kasihan, dan simpati.

Kedua, logos. Logos maknanya adalah sesuai dengan akal. Sebaiknya buah pikiran yang diungkapkan dalam berpidato mempertimbangkan nalar. Nalar adalah pikiran, kemampuan intelektualitas atau pemahaman yang mendalam.

Ketiga, ethos. Secara harfiah ethos artinya sikap, kepribadian, watak, karakter.  Dalam konteks keberhasilan beretorika seorang pembicara harus memiliki sikap, kepribadian, watak, dan karakter agar pesan  yang disampaikan dapat dipercaya pendengar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline