Lihat ke Halaman Asli

Belajar dari Baudrillard, Semua Ini Hanya Simulasi

Diperbarui: 15 September 2024   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

copyright : madurapress, 2024

Baudrillard merupakan tokoh pemikir postmodernis yang sangat berpengaruh. Walaupunhidup dalam lingkaran postmodernis, pemikiran Baudrillard sejatinya untuk memerangi postmodern, dimana Baudrillard menganggap bahwa postmodernitas sebagai fase sejarah yang sangat memalukan. 

Baudrillard muda sangat dipengaruhi oleh strukturalis termasuk bahasa struktural yang berakibat dia memandang sistem objek konsumen dan sistem komunikasi pada dasar periklanan sebagai pemebntukan "sebuah kode signifikansi: yang mengontrol objek dan individu di tengah masyarakat. Objek menjadi tanda dan nilainya ditentukan oleh sebuah aturan kode (kita mengonsumsi objek, maka kita mengonsumsi tanda).

Karya terpenting Baudrillard merupakan konsep simulakra dan simulasi. Ia memahami bahwa masyarakat postmodern saat ini hidup di zaman simulasi dimana manusia abad kontemporer hidup dalam dunia gambar, citra, dan simbol. Dunia simulasi ialah dimana ketika tidak ada lagi kebenaran atau realitas maka tanda tidak lagi melambangkan segala sesuatu. 

Adapun, simulasi membunuh makna secara absolut. Baudrillard berpendapat bahwa semua yang mengelilingi Los Angeles tidak ada lagi yang nyata namun suatu tatanan hiperrealitas dan tatanan simulasi. Baudrillard menggunakan terma "hipperealitas" dalam konsep simulasi dimana hiperrealitas merupaakn sebuah simulasi yang lebih nyata dari yang nyata, lebih cantik dari yang cantik. 

Dalam dunia hiperrealitas tidak ada cara mendapatkan sesuatu dari sumber dan mendapatkan reallitas yang asli. Dalam konsep simulakra, Baudrillard membedakan antara tiga tatanan. Tatanan pertama mulai dari masa Renaissance hingga awal revolusi industri. 

Tatanan kedua ialah era industri yang dicirikan dengan produksi dan rangkaian reproduksi murni dari objek yabng identik seperti mobil dan pendingin dimana objek mengaburkan simulakra dari hal yang lain dan bersama objek, serta manusia memproduksinya. Tatanan ketiga ialah didominasi oleh kode dan generasi simulasi oleh model ketimbang sistem industri, tatanan ketiga ini identik dengan reproduksi.

Simulacra, merupakan tempat dan ruang dimana mekanisme simulasi berlangsung. Manusia dalam konteks perkembangan teknologi virtual dijebak dalam realitas yang seolah nyata

namun justru semu dan penuh rekayasa. Simulakra muncul saat ini menunjukan bahwa masyarakat seolah olah terlena dalam hal fiksi yang dianggap nyata. Menurut Buadrillard, dunia didominasi oleh simulacrum bahwa dunia sudah menjadi dunia imajiner karena sudah tidak ada batasan antara yang nyata dengan yang semu. 

Manusia mendiami suatu realitas, di mana perbedaan antara yang real (nyata) dan fantasi, antara asli dan palsu sangatlah tipis. 

Dunia-dunia tersebut dapat diibaratkan seperti Disneyland, Universal Studio, China Town, Las Vegas atau Beverly Hills. Iklan-iklan telah mengambil alih tanggung jawab moral bagi masyarakat dan menggantikan moralitas puritan dengan moralitas hedonis kepuasan murni.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline