Lihat ke Halaman Asli

Keuntungan Bertani Cabai di Era Zaman Now

Diperbarui: 17 September 2018   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.republika.co.id

Indonesia merupakan Negara dengan masyarakat yang terkenal menggemari rasa pedas. Cabai dan masyarakat di Indonesia hampir tidak dapat dipisahkan, baik dalam masak memasak, bumbu dapur, industri mie instan, industri saus dan cabai dapat digunakan dalam bidang obat obatan(industri farmasi) cabai rawit juga dapat mencegah kanker karena kandungan flavonoid dan anti oksidan yang terdapat didalam nya.

Cabai rawit mempunyai peluang bisnis yang baik. Kebutuhan cabai rawit terus meningkat sesuai dengan bertumbuh nya penduduk berkembangnya industri pengolah yang memerlukan  bahan baku cabai. 

Adapun kondisi lingkungan menjadi faktor utama serta serangan hama dan penyakit sangat mempengaruhi kualitas suatu cabai, oleh karena itu kondisi lingkungan yang sesuai bagi pertumbuhan tanaman merupakan syarat utama keberhasilan usaha bertani cabai.

Cabai memiliki peluang bisnis yang menjanjikan kadang-kadang harga melonjak dan kadang harga turun banyak faktor yang dpat menyebabkan harga cabai berfluktuasi diantara nya kebiasaan petani menanam cabai mengikuti pola musim tanam sehingga pasokannya ke pasar tidak kontinu dan tidak dapat dipungkiri cuaca ektream yang melanda pertanian merupakan  masalah utama para petani adalah harga jual cabai yang rendah tidak memenuhi harapan atau tidak memenuhi perhitungan awal merupakan salah satu faktor pemicu kerugian. Harga cabai yang rendah Bilamana hasil panennya berlimpah sangat merugikan petani oleh sebab itu bertanam cabai seperti sebuah perjudian.

Adapun cara mengantisipasi rendahnya harga jual cabai:

1. Tanam cabai saat musim hujan. Biasanya petani enggan menanam cabai saat hujan karena pada saat musim hujan serangan penyakit dan kagagalan panen cukup tinggi sehingga cabai di pasaran harga jual cabai melonjak tinggi oleh karena itu petani harus mempunyai skill yang mempuni menanam cabai saat musim penghujan.

2. Memanfaatkan suatu event atau acara tertentu, seperti acara keagamaan, tahun baru, hari besar lainnya untuk menghitung waktu panen biasanya harga cabai relative tinggi.

3. Cari harga jual cabai yang aman. Jual ke industri makanan atau bahan baku cabai biasanya harga jual yang diberikan lebih stabil, di banding memperhitungkan harga jual di pasaran.

4. Jangan tanam cabai secara bersamaan dalam satu blok. Menanam cabai dalam satu hektare lakukan secara bertahap agar rentang waktu panen panjang kemungkinan memperoleh harga rendah bisa dihindari

Teknologi pertanian juga dapat dipakai agar tanaman cabai bisa tumbuh optimal meskipun di tanam sepanjang tahun serta agar pasokan ke pasar relatif kontinu setiap saat diantaranya teknologi benih, teknologi mulsa palstik hitam perak, aplikasi teknologi EMP, aplikasi teknologi bokasi serta pemilihan lokasi dan pola tanam.

Produksi cabai relatif bersifat mudah rusak, menyusut, dan cepat membusuk sehingga penanganan panen dan pasca panen sangat penting. Pemanenan cabai merupakan akhir dari proses budidaya dan menjadi faktor penentu kelanjutan panen dan pasca panen. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline