Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B dalam Mengenal Bentuk-bentuk Geometri

Diperbarui: 12 Desember 2022   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 Kondisi yang melatar belakangi  adanya praktik baik ini adalah kemampuan anak masih belum berkembang dalam mengenal bentuk-bentuk geometri dari 14 anak hanya 5 anak yang sudah dapat mengenal bentuk geometri sisanya 9 anak masih belum berkembang dalam mengenal bentuk-bentuk geometri.

Setelah dilakukan pengamatan ternyata sebagian anak masih kesulitan dalam mengenal bentuk-bentuk geometri dan mengelompokkannya.

Kemudian kurangnya pembelajaran yang dapat menstimulasi anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri, pembelajaran masih monoton yaitu pengenalan bentuk-bentuk geometri masih menggunakan gambar sehingga anak mudah merasa bosan.

Selain itu dari sisi strategi dan media pembelajaran kurang inovatif sehingga anak kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran.

Hal ini juga didukung dari hasil wawancara dengan teman sejawat yang mengatakan bahwa saat anak di tanya berbagai bentuk-bentuk geometri mereka masih bingung untuk menjawab nama dari bentuk geometri tersebut.

     Praktik ini dibagikan karena guru merasa banyak rekan guru lain yang mengalami permasalahan yang sama yaitu kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri belum berkembang dengan baik.

Sehingga diharapkan praktik ini dapat memotivasi dan dapat menjadi referensi bagi rekan-rekan guru lain dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi anak didik.

     Sebagai guru PAUD memiliki kewajiban untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan dari pembelajaran dan hasil dari belajar anak dapat tercapai sesuai hasil yang diharapkan.

Selain itu bertanggung jawab membuat rancangan pembelajaran yang menarik untuk mengatasi masalah tersebut serta melaksanakan aksi nyata untuk mengatasi masalah yang terjadi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline