Lihat ke Halaman Asli

Palupi Diah Utami

Mahasiswa D4 Teknologi Rekayasa Kimia Industri 2019, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro Semarang

Kreasi Nugget Sayur oleh Mahasiswa KKN Tematik UNDIP sebagai Olahan Pangan Sehat dan Meningkatkan Nilai Jual Sayuran di Desa Girimulyo

Diperbarui: 9 Maret 2022   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Produk Nugget Sayur (Sumber : Dokumentasi Penulis)

Desa Girimulyo, Karanganyar (22/01/22) - Mayoritas masyarakat Desa Girimulyo khususnya di Dusun Gadungan bermata pencaharian sebagai petani sayur dan buah. Masyarakat Dusun Gadungan memiliki hasil pertanian yang melimpah dengan komoditas yang dihasilkan seperti sawi, wortel, kentang, daun bawang, jagung, kubis, bawang merah, bawang putih, dan bayam, tetapi masyarakat Dusun Gadungan hanya menjual langsung hasil pertaniannya ke tengkulak, sehingga keuntungan yang diperoleh hanya sedikit karena harga jual sayuran dan buah yang rendah. Sayuran hanya dijual dengan harga Rp. 2000 - Rp. 4000 per kilo. Dusun Gadungan belum mengolah potensi menjadi produk olahan hasil pertanian yang memiliki nilai jual lebih tinggi untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan meningkatkan produktivitas masyarakat Dusun Gadungan.

          Oleh karena itu, dibutuhkan solusi pengolahan inovasi hasil pertanian salah satunya adalah yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tematik Undip Tim I Tahun 2022 yaitu Palupi Diah Utami dari D4 Teknologi Rekayasa Kimia Industri 2019 Sekolah Vokasi membuat kreasi inovasi olahan pangan dari bahan baku sayuran yang melimpah yaitu Nugget Sayur yang diberi nama produk Venus (Vegetable Nuggets). Nugget merupakan makanan siap saji dari bahan nabati atau hewani yang dilapisi tepung panir dengan rasa yang gurih. Bahan dasar untuk membuat nugget sayur yaitu aneka sayur wortel, sawi, kentang, jagung, kubis, tahu, tepung terigu, tepung tapioka, tepung panir, dan aneka bumbu halus. Nugget sayur dapat dikemas secara frozen bisa bertahan 2-3 minggu. Nugget dapat dihidangkan dengan menggorengnya terlebih dahulu. Tujuan  pembuatan Nugget Sayur adalah untuk membuat inovasi olahan hasil pertanian dan meningkatkan hasil pendapatan masyarakat, menjadi olahan pangan yang sehat dan bergizi dan membuat orang menjadi suka mengonsumsi sayur.

          Kreasi nugget sayur disampaikan dalam sosialisasi di Ibu-Ibu Arisan PKK RT 02 RW 14 Dusun Gadungan yang dihadiri 20 orang. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan materi tentang nugget sayur, video tutorial pembuatan produk, membagikan brosur berisi resep dan manfaat mengonsumsi nugget sayur dan menampilkan contoh hasil produk nugget sayur lalu dibagikan kepada ibu-ibu untuk dicicipi langsung, dan dilanjutkan sesi tanya jawab serta penyampaian komentar atau masukan. Ibu ibu sangat antusias dan memberikan komentar positif terhadap hasil produk nugget sayur. "Tim KKN Undip sangat inovatif, nuggetnya enak, bahannya murah dan mudah didapat dan juga cara pengolahannya tidak sulit" Ujar Ibu Ketua RT 02 RW 14 sebagai tuan rumah arisan PKK.

Dokumentasi Sosialisasi Pembuatan Nugget Sayur (Sumber : Dokumentasi Penulis)

          Nugget sayur memiliki kandungan antioksidan, gizi, dan vitamin A, E, dan C lebih tinggi yang baik untuk kesehatan. Produk ini dapat menjadi inovasi baru supaya banyak orang  menyukai sayuran dan memanfaatkan potensi pertanian sayuran yang ada di daerah Dusun Gadungan. Nugget sayur dengan bahan baku sayuran dapat meningkatkan harga jual sayuran. Nugget sayur dapat diproduksi dan dipasarkan dengan modal Rp. 26.000, dapat dijual seharga Rp. 15000 per 250 gram isi 15 buah nugget dengan mendapat keuntungan Rp. 10.000.

    Dokumentasi Brosur Produk Nugget Sayur (Sumber : Dokumentasi Penulis)

     

          Harapannya sosialisasi pembuatan nugget sayur dapat menjadi inovasi keterampilan dan minat ibu-ibu PKK untuk mengolah nugget sayur, menjadi kegiatan produktif untuk berwirausaha membuat home industry atau UMKM yang saat ini belum banyak di Dusun Gadungan, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan menjadi inovasi hasil olahan pertanian yang menjadi ciri khas Dusun Gadungan, Desa Girimulyo yang juga merupakan desa wisata.

Penulis : Palupi Diah Utami

Dosen Pembimbing Lapangan : Triyono, S.H, M.Kn

#p2kkn

#P2KKNUndip

#KKNUndip

#LPPMUndip

#Undip

#GirimulyoKaranganyar

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline