Lihat ke Halaman Asli

Palti West

TERVERIFIKASI

Hanya Orang Biasa Yang Ingin Memberikan Yang Terbaik Selagi Hidup. Twitter dan IG: @Paltiwest

Masuk Jajaran RS Kanker Terbaik Asia Pasifik, MRCCC Paling Unggul di Indonesia

Diperbarui: 14 Agustus 2023   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Jakarta. Dok. Siloam Hospital.

Presiden Joko Widodo resmi menandatangani Undang-Undang No 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, Selasa 8 Agustus 2023. Dengan disahkannya UU ini diharapkan segera menciptakan transformasi kesehatan di Indonesia, bukan hanya soal peningkatan dan penyebaran tenaga kesehatan, tetapi juga kualitas Rumah Sakit bisa lebih baik.

Peningkatan kualitas RS adalah hal yang mutlak dilakukan untuk memberikan kepercayaan masyarakat terhadap penanganan kesehatan di Indonesia. Dalam sebuah kesempatan, Presiden Jokowi mengungkapkan karena kurangnya kualitas kesehatan di Indonesia devisa negara yang hilang mencapai Rp 165 triliun. Karena masyarakat Indonesia akhirnya berobat ke luar negeri.

Peningkatan kualitas layanan kesehatan inilah yang terus menjadi prioritas Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Jakarta sehingga dalam riset yang dilakukan Newsweek bersama Statista menempati peringkat ke-63 sebagai rumah sakit kanker terbaik di Asia Pasifik.

Peringkat ini menempatkan MRCCC Siloam menjadi yang paling unggul di Indonesia. Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) John Riady mengungkapkan capaian MRCCC Siloam tersebut merupakan angin segar bagi sektor kesehatan di dalam negeri.

"Di tengah upaya kami meningkatkan dokter spesialis, dan menginginkan adanya peningkatan kualitas sektor kesehatan agar triliunan devisa tak lari ke luar negeri, masuknya MRCCC Siloam sebagai RS terbaik kanker di Asia Pasifik patut diapresiasi," ujar John.

John juga menegaskan komitmen Lippo Group untuk berperan aktif dalam memperkuat sistem kesehatan nasional.

Tidak hanya pada bagian hilir layanan rumah sakit, Lippo Group juga terus berkomitmen untuk meningkatkan dan memperluas pendidikan tenaga kesehatan.

"Kami juga akan memperluas layanan pendidikan untuk tenaga kesehatan seperti perawat dan lainnya," tegas John.

Jadi teringat dengan apa yang pernah jadi keinginan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang ingin membangun RS khusus kanker. Namun sayangnya keinginan itu tidak terwujud karena Ahok terjegal dalam Pilkada DKI Jakarta.

Untuk diketahui, kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Terdapat sekitar 9,6 juta kematian per tahun. Dan ini masih menjadi PR besar bagi Indonesia karena selain MRCCC, hanya RS Dharmais yang juga masuk 75 besar dalam jajaran RS Kanker terbaik Asia Pasifik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline