Lihat ke Halaman Asli

Palti West

TERVERIFIKASI

Hanya Orang Biasa Yang Ingin Memberikan Yang Terbaik Selagi Hidup. Twitter dan IG: @Paltiwest

Siapakah 'Ketua Besar' dalam BBM Rosa Manulang?

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Istilah 'Ketua Besar yang minta Apel Malang dan Apel Washington kembali disinggung oleh Nazaruddin. Dalam panggilan pemeriksaannya Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu berjanji akan membukakannya kepada penyidik KPK. Hal ini dikatakan Nazar saat ditanya siapa yang dimaksud dengan 'ketua besar'.

"Nanti saya jelaskan dulu di dalam," katanya singkat.

Nama "ketua besar" disebut dalam percakapan BBM antara Angelina, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat dengan Mindo Rosalina Manulang, anak buah Nazaruddin yang divonis 2,5 tahun penjara dalam kasus suap wisma atlet. (kompas.com)

Jika mengingat perjalanan kasus ini, maka 'Ketua Besar' yang dimaksudkan oleh Angie adalah Anas. Hal ini pernah dikatakan Nazar dalam wawancara melalui Skype dengan Iwan Piliang. Benarkah Anas yang dimaksud?

Saya sendiri punya analisis ngawur yang saya harap tidak benar. Karena jika benar, maka kasus ini bisa segera hilang begitu saja. Anda siap membaca analisis ngawur saya?

Baiklah. Kita mulai dengan kata 'Ketua Besar'. Ketua bisa berarti pemimpin. Nah, jika Angie mengatakan Ketua, maka posisinya harus lebih tinggi dari Angie. Oleh karena itu, analisis pertama jabatan partainya harus diatas Sekjen atau diatas Ketua DPP.

Lalu kata 'Besar" punya makna ganda. Besar bisa berarti secara fisik, bisa juga secara fungsi, atau bisa juga dalam hal struktur. Anda tahu siapa yang berfisik "Besar" di Partai Demokrat? Yang sering digambarkan seperti (maaf) Kerbau?

Sebenarnya dari penjelasan di atas anda pasti sudah mulai menerka siapa yang saya maksudkan. Untuk semakin jelas, mari kita analisis lagi.

Jika ada yang mengartikan Apel Malang adalah Rupiah, dan Apel Washington adalah Dollar, maka saya tergoda untuk mengartikannya ke arah yang berbeda. Mungkin terlihat mengarahkan, tetapi tidak apalah namanya juga analisis ngawur.

Anda tahu dari mana asal Apel Malang? Benar! Dari Malang. Tahukah anda Malang berada di provinsi apa? Ya, Jawa Timur. Nah analisis ngawur saya mengarahkan Apel Malang itu adalah kesukaan orang Jawa Timur. Mungkinkah yang dimaksudkan minta Apel Malang adalah orang Jawa Timur? Anda tahu siapa saja orang Jawa Timur di Partai Demokrat?

Lalu apa makna Apel Washington? Washington sudah pasti berbicara tentang Amerika Serikat. Analisis saya mengarah kepada mereka yang pernah ke Washington dan merasakan Apelnya. Atau artinya adalah orang yang sangat dekat dengan Washington dan bahkan sangat disukai Washington. Anda tahu siapa di Partai Demokrat yang diisukan dekat dengan AS?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline