Lihat ke Halaman Asli

Palti West

TERVERIFIKASI

Hanya Orang Biasa Yang Ingin Memberikan Yang Terbaik Selagi Hidup. Twitter dan IG: @Paltiwest

Partai dan Korupsi Saling Membutuhkan

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Jika saya ditanya "adakah partai yang tidak korupsi?", saya akan jawab "hmm..... mungkin ada... tetapi ga yakin juga..." dengan keraguan. Jika saya ditanya "adakah partai yang korupsi?", saya akan jawab "Banyak!!" dengan penuh keyakinan.

Partai dan Korupsi tidak bisa dipisahkan. Jika dahulu partai dengan lihainya berhasil menyembunyikan korupsi supaya tidak tampak, sekarang korupsi dilakukan dengan gamblang dan tidak malu-malu. Bahkan Partai secara terbuka melindungi kadernya yang korup. Hal ini bisa dilihat dari adanya dugaan Tim Pencari Fakta (TPF) Partai Demokrat yang mengetahui masalah kasus suap di kemenpora yang melibatkan Angelina Sondakh dan Mirwan Amir.

Partai dan Korupsi sepertinya tidak bisa dipisahkan. Partai membutuhkan Korupsi dan Korupsi membutuhkan partai. Partai tidak bisa hidup tanpa korupsi dan korupsi tidak bisa hidup tanpa Partai. Saling membutuhkan antara Partai dan Korupsi semakin kuat dan tidak bisa dilepaskan. Terlebih lagi biaya untuk kampanye membutuhkan dana yang besar. Tanpa korupsi sangat mustahil bisa jadi anggota DPR dan juga pemimpin negara serta daerah.

Mungkinkah Korupsi mati jika partai tidak ada? Ataukah mungkin ada partai yang tidak korupsi? Ditengah-tengah keraguan saya ada terselip sebuah kalimat.... Mungkin ada!!! Bagaimana menurut anda??




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline