Lihat ke Halaman Asli

Awas...Predator Mengintai Anak Anda!

Diperbarui: 17 Juni 2015   05:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Keselamatan anak harus merupakan bagian prioritas terbesar di hidup anda saat ini. Fokus untuk mencari nafkah bagi keluarga bukanlah prioritas utama. Ini berarti bahwa hidup Anda didedikasikan untuk menjaga mereka agar tetap aman. Diperlukan upaya yang maksimal untuk mendidik diri sendiri dan seluruh keluarga agar terhindar dari hal-hal yang menyimpang dari norma termasuk penyimpangan seksual
Dengan hanya berpedoman kepada karakter seseorang yang dicurigai, tidak berarti anak anda akan aman dan terhindar dari kejahatan. Tidak ada buku atau pedoman yang dapat diberikan kepada anak. Sebaliknya, dibutuhkan pendidikan dan perhatian yang intensif agar anak dapat mengenali adanya ancaman dari pihak luar. Pengenalan terhadap ancaman sejak dini dapat membuat anak Anda terbiasa menangani dan mengenal ancaman dan gangguan disekitarnya, seperti di sekolah. Hal ini akan membuat anak Anda semakin menyadari berbagai jenis gangguan yang timbul baik dari lingkungan nyata maupun media online. Sehingga mereka dapat mengambil langkah-langkah yang harus diambil ketika irang asing berada di dekat mereka yang berusaha menyakitinya.
Hal ini mungkin terdengar seperti membutuhkan suatu usaha yang besar. Namun anda kembali harus menyadari bahwa mereka adalah yang terpenting dalam hidup anda. Dan kegagalan menjaga hidup mereka adalah dosa terbesar bagi orang tua.

Melindungi anak-anak Anda dari bahaya adalah insting dan bagian dari sifat kita sebagai manusia. Hari ketika mereka mereka dilahirkan membuat perubahan dalam hidup hidup Anda tidak dapat ditarik kembali, dan ketika itu juga ada suatu kehidupan di tangan Anda. Sesaat setelah itu Anda memiliki beban tanggung jawab yang besar dimana adanya ancaman pelaku kejahatan seks yang menegrikan seperti pedofilia. Monster ini tidak memiliki simpati untuk orang tua atau wali anak dan keinginan tak terpuaskan untuk memangsa anak-anak dapat membuat kehidupan orang tua seperti neraka.

Kepolisian berusaha memerangi pelaku kejahatan seks, namun sayangnya, penjahat ini membuat pekerjaan polisi semakin bertambah hari demi hari. Apakah ini membuat pekerjaan orang tua dalam mendidik anak jadi sederhana? Ambillah keadaan ini menjadi tanggung jawab Anda sebagai orang tua dan temukan kegiatan yang kreatif dan bertanggung jawab dari tindakan untuk melindungi anak-anak Anda.

Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda gunakan untuk membantu melindungi anak-anak Anda:
• FAKTA : Persentase yang tinggi dari pelaku pedofil, pemerkosa dan pelaku seks lainnya adalah orang-orang terdekat dengan korban-korban mereka. Apakah ini berarti bahwa orang-orang yang Anda pikir Anda percaya atau ingin percaya mungkin sebenarnya yang Anda butuhkan untuk menjaga anak-anak Anda? Pelaku seks lebih pintar dari yang bisa Anda bayangkan, jadi Anda harus jauh lebih cerdas dan lebih siap dari mereka. Apa yang perlu Anda lakukan adalah memastikan di mana anak Anda setiap saat, dan memperhatikan mereka terus-menerus. Cara terbaik untuk melakukannya adalah Anda melakukan silahturahmi dengan teman-teman yang Anda benar-benar dapat dipercaya sehingga mereka dapat melihat mereka.
• Mendidik anak Anda mungkin tindakan yang paling penting untuk itu. Jika mereka mendapatkan informasi cara atau tindakan apa yang harus diambil ketika dihadapkan dengan orang asing yang berusaha untuk menyakiti mereka, kemungkinan besar bahaya dapat dihindari.
• Pencegahan lebih baik dari pemberantasan jelas membutuhkan strategi. Misalnya, Anda tidak bisa benar-benar melarang anak Anda menggunakan internet. Beberapa cara atau yang lain, di masyarakat saat ini, anak-anak akan menemukan cara untuk mendapatkan akses ke sana. Oleh karena itu merupakan prioritas bagi orangtua untuk menjadi ahli pada subjek, yang berarti belajar seluk-beluk chat room, forum dan situs lainnya seperti jaringan sosial.
• Tidak ada yang mengatakan membesarkan anak akan menjadi mudah. Oleh karena itu pendidikan dan masyarakat sebagai pilar lingkungan yang aman dan bahagia. Semuanya dimulai dengan Anda orang tua mengajar orang-orang muda tentang bahaya pelanggar seks dan bagaimana berinteraksi dengan orang asing.
• Langkah selanjutnya, mengelilingi anak-anak Anda dengan basis komunitas keluarga yang semua berbagi standar moral yang sama serta kekhawatiran tentang perlindungan keluarga. Anda tidak dapat membuat lingkungan yang aman dengan hanya mengkhawatirkan dan memikirkan diri sendiri. Bekerja sama sebagai sebuah komunitas dan semua orang menang melawan kejahatan.

Ini adalah kenyataan yang tidak dapat diabaikan. Ada orang di luar sana yang terlihat dan bertindak seperti kita, tapi siapa saja bisa memiliki rahasia yang mengerikan, bahwa dalam kenyataannya, mereka adalah pelanggar/penyimpang seks. Alasan mengapa penjahat ini dapat bebas bergerak dengan penyimpangannya yang mengerikan itu adalah sederhana, ereka berasimilasi. Mereka tetangga sebelah Anda, ayah teman terbaik anak Anda, para jelas satunya teman yang Anda miliki di tempat. Mereka berusaha untuk mendapatkan kepercayaan Anda untuk dapat lebih dekat dengan anak-anak Anda.

75% dari semua seks tindakan kekerasan terjadi di rumah korban atau rumah pelaku. Pernyataan ini sangat penting karena menunjukkan tingkat komitmen penyerang bersedia untuk mendapatkan kepercayaan korban. Inilah sebabnya mengapa jauh lebih penting bagi Anda sebagai orangtua untuk benar mendidik anak Anda tentang ancaman pelaku kejahatan seks. Itu bukan untuk mengatakan bahwa Anda tidak harus membiarkan mereka berbicara dengan orang asing atau berteman dengan orang yang mereka tidak tahu, tapi ada cara untuk menjadi pintar tentang hal itu.

Berikut adalah beberapa saran tentang cara untuk menjaga anak Anda aman:
• Sebagai permulaan, jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan anak Anda, ini merupakan awal yang baik. Berusaha sekeras yang Anda bisa untuk membuat mereka merasa cukup nyaman untuk memberitahukan kepada Anda tentang kejadian di sekolah dan di tempat lain. Dengan begitu, Anda akan menjadi orang yang pertama untuk mengetahui apakah mereka bertemu seseorang perlu dicemaskan.
• Perlu diingat bahwa Anda tinggal di sebuah komunitas yang penuh dengan keluarga lain yang memiliki masalah yang sama seperti Anda. Pergunakan keadaan ini menjadi suatu keuntungan bagi Anda dengan membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Seorang anak yang aman adalah salah satu yang tidak pernah sendirian. Pastikan anak-anak Anda bersosialisasi dengan baik di sekolah dan memiliki teman-teman.
• Awasi penggunaan internet sebagai daerah potensi bahaya untuk anak Anda. Bahkan, sifat anonim dari Internet membuat pelanggar seks berkembang biak. Arena jejaring sosial memungkinkan bagi predator untuk melihat Anda tanpa Anda melihat mereka, kesempatan yang jarang menampilkan dirinya dalam situasi kehidupan nyata. Ini berarti bahwa anak Anda adalah target yang tepat selama online. Mengambil tindakan yang diperlukan untuk membuat Internet tempat yang lebih aman dengan menempatkan keyword dari chatting tertentu dan dengan menjelaskan kepada anak Anda tentang siapa dan siapa yang tidak diajak bicara.
• Internet telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Tidak tahu sesuatu? Periksa internet. Sayangnya, tidak semua yang baik ada di dengan internet. Secara khusus, internet telah menjadi tempat yang aman bagi menyimpang seksual, yang memangsa siapa pun yang cukup naif untuk berbicara dengan mereka dan bahkan memberikan informasi pribadi mereka. Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, program jejaring sosial seperti Facebook dan Myspace telah menjadi begitu populer di kalangan pra-remaja dan remaja. Dengan begitu banyak orang online meneliti situs tersebut, untuk membedakan yang baik dari yang buruk menjadi semakin lebih sulit. Hal ini menjadi tanggung jawab orang tua untuk benar mendidik anak mereka tentang bahaya chatting online.

Didiklah anak Anda tentang risiko predator online. Ini harus menjadi bahan pembicaraan pertama ketika anda mengetahui bahwa anak Anda sudah mulai menggunakan Internet. Anda tidak bisa mengharapkan anak Anda untuk menjadi lebih pintar dari seorang pedofilia, dimana mereka sering mengakali anak-anak. Ini berarti memastikan anak Anda tidak memberikan informasi kepada pelanggar seks potensial yang dapat digunakan untuk menganbil kesempatan. Sebuah pedofil tidak bisa berbuat banyak untuk anak Anda jika ia tidak tahu alamat, nama sekolah, nongkrong favorit mereka, dll

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline