Lihat ke Halaman Asli

Pembiasaan Membaca Al-Qur'an Menunggu Waktu Sholat Dzuhur

Diperbarui: 8 Mei 2023   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pembiasaan Membaca Al - Qur'an Menunggu Waktu Sholat Dzuhur

Medan, 8 Mei 2023, SD Persa Sekolah Juara Medan memiliki target. Setiap siswanya bisa khatam Al - Qur'an minimal 2 kali dalam 1 tahun. Target ini hanya untuk siswa kelas 4 - 6 saja. Karena di Sekolah Juara Medan siswa normalnya di kelas 4 sudah naik Al - Qur'an. Itulah sebabnya sekolah menargetkan siswa agar terbiasa membaca Al - Qur'an dengan membuat target tersebut.

Salah satu strategi yang dibuat untuk memenuhi target tersebut adalah pembiasaan 1 2 1. Satu lembar sebelum pembelajaran Al - Qur'an. 2 lembar menjelang sholat Dzuhur dan minimal 1 lembar di setiap sholat. Kebiasaan yang bisa langsung dikontrol guru adalah kegiatan yang dilakukan di sekolah. Salah satunya membaca 2 lembar sebelum sholat Dzuhur ketika jam istirahat.

Target 2 lembar sebelum sholat Dzuhur ini sebenarnya memakan waktu mereka beristirahat. Tapi karena target yang diberikan hanya 2 lembar mereka dengan senang hati melakukannya. Setelah selesai membaca Al - Qur'an 2 lembar mereka boleh bermain dan berhenti 5 menit sebelum azan Dzuhur.

Sebelum strategi ini dilakukan siswa masih pada banyak yang baca Al - Qur'an jauh dari target. Karena guru hanya bisa mengontrol di sekolah, sedangkan di rumah tanggung jawab mengontrol bersama orang tua. Hanya saja terkadang anak - anak di rumah suka leha - leha dalam membaca Al - Qur'an. Sehingga target sangat sulit dicapai. Setelah menjalankan strategi ini dari 21 siswa hanya tinggal 3 orang siswa laginya yang belum khatam Al - Qur'an. Itu pun mereka yakin akan segera menyelesaikan karena sudah sedikit lagi juz yang belum terbaca.

Senang sekali rasanya melihat mereka bersemangat membaca Al - Qur'an. Sekarang mereka tanpa diperintah sudah paham. Bagi yang bekal makanan belum habis segera menghabiskan bekalnya setelah itu membaca Al - Qur'an. Sedang siswa yang sudah menghabiskan bekalnya langsung membaca Al - Qur'an. Setelah selesai mereka bisa bermain sebelum waktu Dzuhur. Tetap semangat ya siswa kelas 5 SD Persa sekolah  Juara Medan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline