Lihat ke Halaman Asli

Sungkowo

TERVERIFIKASI

guru

Memandang Keluar Bus Saat Perjalanan, Ada Manfaatnya?

Diperbarui: 18 Juni 2024   23:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Pemandangan di salah satu ruas jalan tol dipandang dari dalam bus saat perjalanan. (Dokumentasi pribadi)

Jarak perjalanan dengan menumpang bus dari Kudus, Jawa Tengah (Jateng) ke Jakarta relatif jauh. Melewati jalan tol dalam jarak yang lebih panjang ketimbang jalan arteri. Sepanjang jalan ini ada banyak pengetahuan yang bisa didapat.

Secara subyektif dapat disebutkan bahwa sudah banyak orang yang bepergian menumpang bus. Baik secara pribadi maupun rombongan.

Menumpang bus secara pribadi lebih leluasa dalam melakukan aktivitas kecil di dalam bus. Yang, berbeda saat menumpang bus secara rombongan. Sebab, yang ini akan melakukan aktivitas kecil secara bersama.

Sebenarnya baik melakukan aktivitas kecil dalam bus secara pribadi maupun secara bersama, sama-sama memiliki manfaat.

Hanya memang, kalau rute yang dilewati merupakan rute yang baru akan mendapatkan hal yang berharga jika melakukan aktivitas kecil dalam bus secara pribadi.

Sangat mungkin ada orang yang memanfaatkannya untuk memandang keluar bus. Tapi, tak sedikit orang yang justru memanfaatkan untuk tidur.

Tentu semua ini terserah masing-masing pribadi. Saya lebih menyukai beraktivitas kecil dalam bus, yaitu  memandang keluar.

Sebab, ternyata ada banyak hal yang dapat direkam, terutama melalui indra penglihatan. Apalagi jika rute yang dilewati merupakan rute yang baru kali pertama dilalui.

Dapat dipastikan banyak dan beragam hal yang dapat direkam. Mulai dari bangunan gedung yang megah gagah, rumah-rumah rakyat, bangunan sejarah, hamparan sawah dan ladang, rest area yang menawan, rel kereta api yang panjang, luas lautan, hingga bukit-bukit, gunung-gunung, dan yang lainnya.

Kira-kira begitu gambarannya kalau perjalanan yang ditempuh relatif panjang. Pasti melewati banyak dan beragam obyek.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline