Portofolio Aksi Nyata
Modul 3.1.a.10 Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran
Aksi nyata modul 3.1.a.10 bertujuan CGP dapat mempraktikkan proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan di sekolah CGP. Pada tahapan ini CGP mendapat kesempatan untuk menjalankan rancangan yang sudah dibuat pada tahap demonstrasi kontekstual. CGP diminta untuk menyusun portofolio dengan model 4F (Fact, Feelings, Findings, Future). Berdasarkan rancangan aksi nyata yang telah dibuat sebelumnya, maka berikut ini portofolio aksi nyata modul 3.1.a.10 yang telah selesai saya susun.
1. Peristiwa (Fact)
Latar belakang
Pembelajaran di SMK selalu berkolaborasi dengan pihak dunia industry yang dalam pelaksanaanya siswa berada di industry sesuai kompetensinya untuk melakukan pembelajaran (PKL). Harapanya setelah selesai belajar di industry para siswa dapat memperoleh banyak pengalaman dan semakin meningkat kompetensinya. Selama pembelajaran di dunia industry pihak sekolah tidak lepas tangan, artinya tetap ada pembimbingan selama proses tersebut dengan menugaskan guru sebagi pembimbing.
Seusai siswa selesai menyelesaikan pembelajaran di dunia industry, mereka kembali kelingkungan sekolah untuk kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran. Terjadi menurunya niatan siswa dalam pembelajaran, sehingga guru kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran. Bahkan dari karakter siswa terasa, ketika sebelum PKL siswa mudah untuk dikondisikan namun setelah PKL ada perubahan agak sulit pengkondisianya sehingga mempengaruhi dalam kegiatan KBM.
2. Alasan melaksanakan aksi nyata
Dari latar belakang peristiwa tersebut maka terjadi dilema etika, pihak sekolah perlu mencari solusi permasalahan yang terjadi pada siswa tersebut bagaimana agar terjadi perubahan yang tadinya menurunya niatan siswa dalam pembelajaran menjadi semangat belajar. Karakter siswa pun harus mengalami perubahan pula, sehingga siswa mudah untuk dikondisikan sehingga mempengaruhi dalam kegiatan KBM. Tentunya harus ada kolaborasi antara kesiswaan, kedisiplinan, BK, wali kelas, guru dalam menyelesaikan masalah tersebut. Dan disini CGP dalam melaksanakan aksi nyata juga ikut berkolaborasi bersama sama ikut menyelesaikan hal tersebut sehingga bisa mengimplementasikan kompetensi yang diperoleh kali ini.
3. Hasil Aksi Nyata