[caption caption="foto dari copyblogger.com"][/caption]
Menulis telah menjadi kegiatan banyak orang di dunia. Menulis bisa dilakukan di banyak media, misal di selembar daun lontar, di selembar kertas, di batu, di buku catatan harian, di HP, di komputer, di laptop, di tubuh, sampai di dalam hati. Tulisan di dalam hati hanya bisa dibaca dan dipahami oleh orang-orang yang sedang jatuh cinta.
Ada orang yang menulis karena iseng, karena hobby, karena pekerjaan, karena supaya ingat, atau supaya terapi melawan lupa sehingga tidak mudah pikun. Untuk orang-orang berusia sepuh seperti Saya, menulis sangat efektif untuk merangsang otak supaya terus bekerja, dan menghasilkan hal-hal produktif, sehingga otak tidak digunakan untuk memikirkan hal-hal lain yang membuat terangsang, karena jika terangsang, repot mengantisipasinya saat berpuasa di siang hari.
Menulis di media massa, termasuk juga di media online, dikenal dengan yang namanya Headline. Dari sebutannya, sudah bisa kita tahu maksudnya, yaitu bahwa tulisan yang Headline, adalah tulisan yang sedang menjadi topik pembahasan di hampir semua media, makanya tulisan tersebut menjadi kepala tulisan dari banyaknya tulisan-tulisan lain yang dipost berbarengan.
Dengan ilmu jurnalistik alamiah bukan hasil belajar di kampus, dan pengalaman hidup yang lebih dari cukup, karena sering makan garam di laut dan asam di gunung, Saya memberanikan diri mengidentifikasi tentang ciri-ciri HEADLINE di banyak media mainstream, sebagai panduan teman-teman yang pingin tulisannya diHEADLINE.
Ini ciri-cirinya menurut saya, nanti teman-teman boleh mendebat atau menambahkan, sehingga kita bisa mempunyai pemahaman yang sama tentang HEADLINE. Kalaupun tidak sama, paling tidak pemahamannya mirip-mirip. Check it out :
1. Headline biasanya berisi informasi yang sedang HOT atau sedang menjadi buah bibir di masyarakat pada saat itu, misal saat terjadi kecelakaan pesawat Hercules di Medan, maka hampir semua media membahas tentang kecelakaan tersebut. Dari banyaknya tulisan tentang kecelakaan pesawat Hercules, maka bisa dipilih 1 tulisan yang paling KEREN untuk menjadi headline, dengan catatan bukan tulisan yang hanya copy paste (sampai 80%) dari berita di media mainstream lainnya. Contoh lain tentang operasi tangkap tangan KPK yang lagi-lagi menangkap hakim, wakil Tuhan di bumi. Jika ada tulisan yang bisa menjelaskan dan mendeskripsikan marahnya TUHAN ke wakilnya, maka tulisan tersebut sangat layak diHeadline.
2. Headline biasanya berisi informasi kejadian baru, atau informasi lama yang baru diangkat, dan berpeluang jadi pembahasan di waktu yang akan datang karena mengandung kontroversi, yang tidak ditemukan di media lain. Misal, informasi tentang Rumah Kaca Abraham Samad, yang ternyata menjadi rujukan media lain untuk membahasnya, karena info tersebut hanya muncul di kompasiana.
3. Headline biasanya berisi informasi penting tentang suatu peristiwa, misal juara suatu pertandingan yang baru selesai (misal Serena william juara wimbledon 2015), pemecahan rekor yang sudah lama tidak pecah (misal tulisan yang membahas tentang rekor pakde kartono yang pembaca tulisannya tembus 10.000.000 views), berhasilnya misi penting suatu organisasi di tanah air atau dunia (contoh : berhasil menemukan bangkai kapal Malaysia Airlines yang hilang tahun lalu) dll.
4. Headline biasanya banyak yang baca karena informasinya disukai atau dicari orang yang ingin lebih tahu tentang apa yang dibahas diheadline. Poin 4 ini jadi pisau bermata ganda, bila suatu tulisan sudah diHEADLINE, ternyata yang baca tidak banyak, ukurannya mudah saja, misal di kompasiana, tulisan yang diHEADLINE selama 3 jam, ternyata yang baca tidak sampai 500 views, maka menurut ilmu marketing yang saya kuasai, Tulisan tersebut adalah Headline yang gagal karena tidak punya nilai jual. Prinsipnya sederhana, headline harus bernilai jual, karena pemikiran sederhana "Kalo Headlinenya aja gak menarik, apalagi bodyline dan footlinenya"
5. Headline memenuhi 4 unsur sekaligus, yaitu aktual, inspiratif, bermanfaat dan menarik. Kalo hanya salah satu unsur saja, misal bermanfaat, tapi gak aktual, gak inspiratif dan gak menarik, maka menurut Saya tulisan tersebut tidak layak HEADLINE.