Lihat ke Halaman Asli

Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo

Diperbarui: 3 November 2015   16:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kenal? Pasti kenal. Mantan Menpora di era presiden SBY ini sebelumnya terkenal sebagai pakar informatika multimedia dan telematika. Beliau sering dimintai—bahkan terkadang secara sukarela, tanpa diminta—oleh seseorang atau lembaga tertentu untuk menganalisa foto atau video manakala foto atau video tersebut dapat menimbulkan keresahan di masyarakat atau merugikan pihak tertentu. Beliau tahu apakah foto atau video yang dianalisa tersebut autentik atau editan.

Itu duluuuu, dulu sekali sebelum “terjerumus’ di dunia politik. Namun kenapa sekarang Kanjeng Raden Mas Pakar Telematika itu dengan “lebay” (ikut cuitannya dalam tweeter) menggadaikan kepakarannya? Apakah beliau lantaran “selingkuh” dengan politik sehingga melawan hati nuraninya atau meluluh-lantakkan kejujurannya sendiri?

                                 Jujur lho Den Mas, foto ini otentik apa editan?

Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo cuitannya dalam akun tweeter : “Sekali lagi “Setting” dalam Pemotretan itu Hal yang Biasa... Tak usah Lebay dalam Melakukan Pembelaan”.

                                  Yang lebay itu siapa Den Mas?

Seharusnya bila mengaku pakar itu harus jujur, jangan memihak kepada siapapun kecuali pada fakta atau kebenaran. Jawab saja dengan tegas dan jujur bahwa foto itu editan atau orisinal. “Sekali lagi”, berarti Raden Mas Pakar itu sudah berkali-kali berkomentar, tapi ngambang meski sebenarnya kelihatan sekali tendensius.
Itulah, jika keahlian sudah diublek-ublek dengan politik, buthek, tidak jelas mana yang bermanfaat mana yang menghujat.

Dulu pernah—pada masa kampanye pilpres 2014—ada media online yang mengaplod foto Jokowi(seolah-olah sedang memberi ceramah disebuah mimbar gereja). Langsung saja komentar hujatan dan makian berbau SARA berhamburan di medsos pada capres Jokowi. Kemana Kanjeng Mas Pakar waktu itu? Kenapa tidak ikut mendinginkan suasana dengan menganalisa atau mencari keotentikan foto tersebut?

                                  Fitnah SARA provokatif

 

                                 Inilah foto aslinya...

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline