Lihat ke Halaman Asli

Akhirnya FIFA Mensahkan Teknologi Garis Gawang/Goal-line Technology(GLT)

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kita tentu masih ingat dengan pertandingan antara Inggris vs Ukraina di matchday 3 babak penyisihan grup D di EURO 2012 yang baru saja selesai?Karena hal ini sempat menjadi polemik,bahkan sampai diulas oleh beberapa media dan mengundang komentar dari berbagai kalangan insan jagad sepakbola dunia, mulai dari legenda, pemain sampai mantan wasit terkenal Pieurligi Collina yang sekarang jadi Ketua bidang Wasit UEFA pun buka suara. Nah, ternyata FIFA (Federation  International de Football Association) dan IFAB (The International Federation Association Board) baru saja mensahkan Teknologi Garis Gawang atau bahasa Inggrisnya dikenal dengan istilah GLT (Goal Line Technology).

Apa itu Goal-Line Technology (GLT)?Kalau anda ingin tahu penjelasan detailnya, sebaiknya anda menanyakan langsung kepada 'mbah Google atau sama mbak Wikie'  biar jelas. Soalnya saya pun masih belum begitu paham dengan pengaplikasiannya dan belum pernah melihat penggunaannya di pertandingan resmi. Ini salah satu linknya: http://en.wikipedia.org/wiki/Goal-line_technology

Singkat kata singkat cerita ada dua jenis GLT yang akan dipakai, yang satu bernama GoalRef dan yang lain bernama HawkEye.

Aplikasi GoalRef ini intinya adalah didalam bola akan ditanam sejenis chip, yang mana ketika bola yang sudah ditendang oleh pemain melewati garis gawang, bola tersebut akan mengirimkan sinyal gelombang microwave ke sejenis peralatan yang dimiliki oleh official pertandingan sehingga gol sebuah tim akan terdeteksi. Ini penjelasannya yang saya baca: "GoalRef features a microchip in the ball and low magnetic waves around the goal. Any change in the field on or behind the goalline determines the scoring of a goal".

Sedangkan HawkEye aplikasinya mirip dengan teknologi pada olahraga lain seperti tenis, kriket dan basket. Menggunakan kamera yang penjelasan detailnya silahkan dibaca di link diatas. (Soalnya agak rumit menjelaskannya..hehehehe).

Keputusan ini bisa dibilang revolusi di dunia sepakbola sekarang dan merupakan kemajuan besar. Apalagi rencananya dalam waktu dekat ini EPL akan segera mengaplikasikannya pada setiap pertandingan di musim kompetisi 2012/2013 ini. Selain itu FIFA juga akan memakai GLT pada Piala Konfederasi tahun depan di Brazil dan Piala Dunia 2014 di Brazil. Sudah saatnya sepakbola memasuki babak baru supaya kejadian kontroversi yang dialami oleh tim-tim yang bertanding di sebuah kompetisi resmi seperti yang dialami oleh Ukraina kala melawan Inggris tidak terjadi lagi di masa depan. Karena sesuai dengan slogan sepakbola yang selalu didengungkan oleh FIFA yaitu Fairplay, saya berpendapat penggunaan teknologi garis gawang ini bisa memberikan keadilan bagi kedua tim yang sedang bertanding dan tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan akibat keputusan wasit yang tidak mensahkan suatu gol.

Ini saya bagikan link yang lain: http://en.wikibooks.org/wiki/Sport_Innovation/Goal-line_Technology/Cairos_GLT_System

Salam Sepakbola




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline