Lihat ke Halaman Asli

Cahyadi Takariawan

TERVERIFIKASI

Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Agar Tak Salah Mengambil Hikmah

Diperbarui: 29 Maret 2023   04:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.birdnote.org/

Kisah Ramadan -- 6

Semua kejadian dan peristiwa dalam kehidupan, adalah pelajaran yang bisa diambil hikmahnya. Namun ternyata tak selalu mudah mengambil hikmah. Terkadang manusia mengambil hikmah dari arah yang salah.

Syaqiq bin Ibrahim (wafat 194 H) adalah seorang guru dan ulama sufi yang tinggal di kota Balkh, termasuk wilayah Khurasan, sehingga lebih dikenal dengan nama Syaqiq al-Balkhi. Ia berasal dari keluarga saudagar yang kaya raya, dan akhirnya mewarisi pekerjaan menjadi pedagang yang sukses.

Suatu hari Ibrahim dan Adham bertemu Syaqiq AI-Balkhi di Makkah. Ibrahim berkata kepada Al-Balkhi, "Maukah engkau menceritakan kepadaku awal kisah perjalanan spiritualmu?"

"Waktu itu, aku sedang berjalan melintasi sebuah padang," ujar Syaqiq. "Tiba-tiba aku melihat seekor burung yang patah sayapnya," tambahnya. "Dalam hati aku bergumam, lihat dan perhatikanlah dari mana burung ini mendapatkan makanannya?"

"Aku duduk di samping burung itu. Sesaat kemudian, datanglah seekor burung lain sambil membawa makanan di paruhnya. Burung yang datang kemudian ini, melolohkan makanan di paruh burung yang sayapnya patah".

"Melihat kejadian tersebut, aku berkata dalam hati, 'Sesungguhnya Dia yang telah mengutus burung yang sehat untuk menolong burung yang patah sayap, pasti Dia juga kuasa memberiku rezeki di mana pun aku berada."

"Sejak saat itulah aku memilih memfokuskan diri untuk beribadah kepada Allah dan tidak berdagang", tambah Syaqiq.

Ibrahim mendengar kisah Syaqiq dengan seksama.

"Wahai Syaqiq", ujar Ibrahim, "Mengapa engkau lebih memilih menjadi burung yang patah sayapnya? Mengapa engkau tidak memilih menjadi burung sehat yang telah memberi makan burung yang sakit tersebut?"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline