Lihat ke Halaman Asli

Cahyadi Takariawan

TERVERIFIKASI

Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Semua Bermula dari Keluarga

Diperbarui: 25 Mei 2022   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

"Nothing in the world could make human life happier then greatly increase the number of strong family" --David R. Mace, 1985.

Sudah banyak konsep diajukan para ahli terkait kekuatan keluarga, sifat keluarga, serta fungsi keluarga (Beavers dan Hampson 1990; Curran 1983; Epstein et al. 1993; Krysan, Moore, dan Zill 1990; Olson 1996; Stinnett dan DeFrain 1985; Stinnett dan Sauer 1977). Setiap model yang mereka ajukan adalah unik.

Meskipun konsep tentang model keluarga berasal dari riset terhadap keluarga nyata di seluruh dunia, bagaimanapun model adalah konstruksi subjektif berdasarkan persepsi peneliti dan anggota keluarga. Dari berbagai riset itu, kesamaan di antara model kekuatan keluarga lebih jelas daripada perbedaannya (Krysan, Moore, dan Zill 1990; Olson dan DeFrain 2000).

Para peneliti di seluruh dunia telah menemukan berbagai kesamaan terkait keluarga dalam budaya yang berbeda. Pada keluarga yang kuat, cenderung memiliki sejumlah kualitas atau sifat yang sama (Casas et al. 1984; DeFrain, DeFrain, dan Lepard 1994; Geggie et al. 2000; Xie et al. 1996).

Keluarga Adalah Pusat Perubahan

"Family is a system and whatever happened to one member will influence other members as well as a whole family system. Family strengths are protecting family system" --Ana Wagner Jakab, 2018.

Dari studi yang dilakukan oleh John Defrain dan tim, ditemukan bahwa keluarga adalah sebuah sistem. Maka apapun yang terjadi pada salah satu anggota akan memengaruhi anggota lainnya serta sistem keluarga secara keseluruhan. Ketahanan keluarga berfungsi melindungi sistem keluarga.

Hasil studi lebih dari 30 tahun di lebih dari 40 negara tersebut, John Defrain dan tim menemukan, bahwa berbagai macam masalah di dunia ini dapat bermula atau bersumber dari kondisi keluarga. "Semua masalah di dunia ini dapat bermula atau berakhir di keluarga", ujar Defrain.

Hal ini menandakan, keluarga adalah pusat perubahan sekaligus pusat pengendalian. Maka kita menjadi mudah memahami perintah Allah Ta'ala:

{ }

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline