Lihat ke Halaman Asli

Cahyadi Takariawan

TERVERIFIKASI

Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Belajar dari 5 Keluarga dalam Al-Qur'an, Mirip Siapa Kita?

Diperbarui: 12 April 2022   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.post-gazette.com/

Menurut Syaikh Manna' Al-Qaththan dalam kitab "Mabahits fi Ulum Al-Qur'an", ada tiga macam kisah dalam Al-Quran. Pertama, kisah-kisah Nabi terdahulu, mencakup tentang dakwah mereka, mukjizat yang Allah berikan kepada mereka, para penentang dakwahnya, serta keluarga mereka.

Kedua, kisah-kisah yang menceritakan peristiwa-peristiwa terdahulu serta sosok-sosok yang tidak termasuk nabi. Contohnya Maryam ibunda Nabi Isa as, serta keluarga Imran dan Luqman Al-Hakim. Ketiga, kisah-kisah yang terkait peristiwa pada zaman Nabi saw, seperti kisah perang Badar, perang Uhud, kisah dalam keluarga Nabi saw, dan lain-lain.

Semua kisah dalam Al-Qur'an memberikan pelajaran, petunjuk, hikmah, serta pencerahan dan penguatan untuk umat manusia. Dengan kisah tersebut kita bisa mendapatkan sangat banyak nilai petunjuk dan jalan kebenaran untuk dipilih dan diikuti. Tak pernah ada yang sia-sia, ketika Al-Qur'an menuturkan kisah-kisah keluarga dengan berbagai keadaan dan dinamikanya.

Lima Kisah Keluarga Pilihan dalam Al-Qur'an

Dari sekian banyak kisah keluarga yang diceritakan dalam Al-Qur'an, kita akan melihat lima contoh keluarga yang berbeda-beda sifat dan karakternya. Mari kita pelajari lima contoh profil keluarga berikut ini.

Pertama, Keluarga Abu Lahab dan Ummu Jamil

Abu Lahab adalah paman Nabi saw yang sangat keras memusuhi Islam. Nama aslinya adalah Abdul 'Uzza bin 'Abdil Muthallib. Nama kunyahnya adalah Abu 'Utaibah. Namun ia lebih dikenal dengan Abu Lahab, karena wajahnya yang memerah. Arti kata lahab dalam bahasa Arab adalah api yang menyala dan bergejolak.

Istri Abu Lahab bernama Ummu Jamil, salah seorang pembesar wanita Quraisy. Nama aslinya adalah Arwa binti Harb bin Umayyah. Ummu Jamil adalah saudara Abu Sufyan. Ummu Jamil membantu suaminya dalam kekufuran, penentangan dan pembakangan pada Nabi saw.

Mari kita simak kisah keluarga Abu Lahab dan Ummu Jamil dalam surat Al-Lahab ayat 1 hingga ayat 5 berikut ini,

"Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline