Lihat ke Halaman Asli

Cahyadi Takariawan

TERVERIFIKASI

Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Menjadi Penulis Produktif

Diperbarui: 18 Agustus 2020   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

satujam.com

"When the good stuff comes to the surface, write it down" -- Neal Cavanaugh, 2018

Dalam proses menulis, kualitas tulisan adalah bagian dari proses. Namun, ada realitas yang tak terbantahkan ---bahwa Anda tidak akan bisa membuat tulisan yang berkualitas, apabila tidak pernah menulis. Maka kuantitas tulisan, adalah bagian utuh dari proses untuk menghasilkan kualitas tulisan.

Ungkapan good things take time menjadi relevan dalam proses menulis. Anda tidak akan bisa menciptakan tulisan yang berkualitas, jika tidak menyediakan waktu yang cukup untuk menulis setiap hari.

Warren Buffet menyatakan, "No matter how great the talent or efforts, some things just take time. You can't produce a baby in one month by getting nine women pregnant." Sehebat apapun bakat, sebesar apapun tekad, semua hal tetap memerlukan waktu. Anda tidak bisa melahirkan bayi dalam satu bulan, meskipun mengumpulkan sembilan perempuan hamil.

Menjadi Penulis Produktif

Produktif, artinya banyak menghasilkan karya. Selalu menciptakan karya tulis tanpa henti, setiap hari. Itu makna produktif dalam dunia menulis. Untuk menjadi penulis PRODUKTIF, bisa ditempuh dengan sembilan tips berikut ini.

P -- Persiapan

R -- Rencana

O -- Outline

D -- Doa

U -- Unik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline