Lihat ke Halaman Asli

ada pompa air sanyo di atas pohon??

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sequoia-tree

ini kata2 ayah saya yang mengagumi keindahan penciptaan alam ini, dalam bentuk pohon-pohon yang ada.. ayah: “dit, tau pohon kan?” aku: “iya, tau pak.. emank ada apa?” ayah: “coba kamu ambil daunnya, terus di remes2 daunnya..” aku: “siap pak.. (ambil dan remes2 daun..)” ayah: “ada airnya yak?” aku: “iya pak,, (bertanya2 pada diriku sendiri keheranan apa maksud ayahku)” ayah: “airnya dari mana?” aku: “dari tanah pak..” ayah: “kok bisa naik sampe atas gitu sampai ke daun?? apa ada sanyo (pompa air, red) nya di atas? Allah itu hebat yah” aku: “subhanallah (dalam hati),, bener juga yak pak, meskipun aku tau jawabannya karena udah dipelajarin di kuliah fisiologi tumbuhan” yah, itulah kata2 seorang yang awam terhadap ilmu biologi dan yang mengobservasi alam ini dan menunjukkan kekagumannya kepada Sang Pencipta,, betul, awa udah belajar biologi dari lama n bahkan mendalaminya (secara kuliah jurusan biologi ITB getoh), baru mengatakan kalimat Subhanallah saat terjadi percakapan antara ayah dengan awa.. tau pohon Giant Sequoia ??

ca_giant_sequoia

yah, itulah pohon yang diklaim sebagai pohon yang terbesar sampai saat ini, dengan tinggi 83,82 meter n diameter mencapai 11 meter.. bayangin aje, pompa air merek apapun bisa gitu narik air tanah sampe ke atas puncak daun teratas pohon itu?? hanya sistem yang Allah ciptakan saja yang dapat mengangkat air dalam tanah sampai ke atas pohon secara otomatis.. sekali lagi otomatis !! g ada mesin penyedot apapun..

35-21-SecondGrowthStem-L3

dengan kerumitan sistem seperti gambar di atas ini Allah menciptakan kekompleksan transportasi air pada akar, batang, dan daun tanaman/pohon.. mulai dari adhesi molekul air, kohesi dengan dinding xylem, sistem kapilaritas xylem, dll.. itulah yang menyusun hal tersebut.. ini baru di pohon,, belum bagaimana kekompleksan pengaturan di dalam sel hingga keseimbangan galaksi ini,, hanya Allah yang dapat menciptakannya.. masih ragu atas kebesaran Allah swt??



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline