Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UI dan UNPAD: Regenerasi Penting dalam PAN

Diperbarui: 17 Juni 2015   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14209934151925465383

[caption id="attachment_390209" align="aligncenter" width="433" caption="Zulkifli Hasan, Politisi senior PAN AM Fatwa, Hatta Rajasa, dan Amien Rais. (sumber: Suara Pembaruan)"][/caption]

MahasiswaJurusanIlmuPolitikdariUniversitas Indonesia (UI) danUniversitasPadjajaran (Unpad) mengatakan, bahwabudayaregenerasiketuapartaimerupakangagasan yang bagusdalamkonteksmunas PAN yang akandigelarfebruari-maretmendatang.

Ketikadiwawancara,Piebo D mahasiswaIlmuPolitik UIangkatan 2011mengatakan, “Sayalebihsukakontestasiregen, karenaitupoinlebihnyaPAN yangtidakpernahketuaumumlebihdarisatuperiode”, ucapnya. MenurutPiebo,budayaregenerasidapatmemberikankesempatanbagikader PAN lainnyauntukberusahamemajukanpartaidalamgagasanpembaharuan.

TemankampusPiebo, Donny S,mengatakan, “Keduacaloninituhsama-samakuat. Dilihatdaripengalaman,keduanya pun pernahmendudukiposisi di eksekutifdanlegislatif. NamundisinikekuatandaripakAmienRaismasihsangatkuat. Diajugamasihmemegangtegasregenerasi. Yabagusnyaketuaumumhanyamenjabatsatuperiode, berikankesempatanke yang lain”, tegasnyanya

SenadadenganPiebodan Donny, MahasiswaIlmuPemerintahan UNPAD bernama Daniel mengembangkanpemaparansebelumnyadengandampak yang akanterjadi. “NamuntohkaloZulkifli Hasan yang menang PAN akantetapke KMP tidakakanmembuatkegoyahan. Trackrecord-nyajuganggakada yang bermasalahsamakader internal maupuneksternal. Aman-amanaja, jadimenurutsayauntuk regen keZulkiflitidakakanmembuatpengaruhnegatifdalam PAN.Duajempoluntuk PAN yang sampaisaatiniberanimembuatbudayaregenerasi”, tuturnya.

Jadidapatdikatakanregenerasimerupakansesuatugagasan yang baikuntukberjalannyasuatupartai. Hal inidimaksuduntukdapatmemberikankesempatankepadakader-kaderlainnyauntukmemberikanwarnamaupunnilaibarudalamsuatufraksi. Dan jugauntukmenghindariadanyakekuasaan absolute dalam PAN.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline