Lihat ke Halaman Asli

Pagelaran Karawitan Syalendra Daring oleh Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Malang

Diperbarui: 30 Januari 2022   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada situasi pandemic COVID-19 sekarang ini kegiatan-kegiatan masih sangat dibatasi untuk menghindari membludaknya angka penularan COVID-19. Universitas Muhammadiyah Malang menganti kegiatan yang awalnya dilaksanakan melalui luring menjadi daring. Pada prodi PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar mengupayakan tetap terjadinya kegiatan pembelajaran meski pelaksanaanya daring. 

Begitu pula dengan kegiatan pagelaran yang sudah menjadi budaya bagi prodi PGSD semester 7 guna untuk menutup mata kuliah. Pada tahun 2021/2022 kegiatan ini laksanakan melalui pagelaran yang pertama kali secara daring yang diakumulasi menjadi mata kuliah yaitu Seni Budaya dan Karawitan. 

Pagelaran yang diadakan berjudul pagelaran Syalendra. Pagelaran Syalendra ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa PGSD Angkatan 2018 dengan rincian acara workshop yang di isi oleh pembicara luar biasa seperti Arina Restian S.Pd, M.Pd, Endang Purwanti, M.Pd, Belinda Dewi Regina S.Pd, M.Pd dan juga Danang Wijoyanto, M.Pd.

Pada pagelaran Syalendra termaksud dengan beberapa workshop yang dilaksanakan dari bulan Desember 2021 dan tutup pada tanggal  28 Januari 2022. 

Workshop pagelaran Syalendra ini  bertemakan "Satu Nada Meyatu Dalam Budaya" yang diamana workshop dilaksanakan untuk mengajarkan mahasiswa membuat sebuah tembang dengan baik dan benar melalui aplikasi E-gamelan hingga pada penutupannya menghasilkan karya berupa sebuah tembang lagu dolanan dengan tema Malangan dan juga E-sport yaitu Mobile Lagend yang menjadi hasil karya mahasiswa PGSD 2018. 

Pada tanggal 28 Januari 2022 merupakan penutupan dari pagelaran Syalendra yang akan dinilai oleh para juri hebat yang sesuai dengan bidangnya kemudian di akumulasikan menjadi beberapa nominasi sekalgus juara guna memberikan apresiasi bagi seluruh mahasiswa yang telah berjuang untuk memaksimalkan hasil karya tembang dolanan . Untuk mengetahui hasil dari karya mahasiswa PGSD 2018 silahkan menonton di youtube ya teman-teman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline