Lihat ke Halaman Asli

Paber SC Simamora

Memajukan Kesejahteraan Umum, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Retribusi Pasar Secara Eklektronik

Diperbarui: 21 Maret 2021   21:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Memasuki Era Digital, sistem transaksi akan diarahkan ke sistem elektronik dan cashless, siap tidak siap, setiap pelaku transaksi baik swasta maupun Pemerintah diharuskan untuk mengikuti sistem yang ada, atau akan tertinggal.

Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara telah menerapkan Pemungutan Retribusi Pasar secara elektronik di seluruh Pasar yang dikelola melalui Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian, untuk Pedagang yang menempati Fasilitas Kios dan Los akan diberlakukan Pemungutan Retribusi secara Elektronik Cashless (non tunai) sedangkan bagi para pedagang musiman, asongan dan dasaran, pemungutan dilakukan secara  tunai namum sistemnya (perangkatnya) tetap secara elektronik.

SIAPPARA (sistem Informasi Pemungutanm Penyetoran dan Pelaporan Retribusi Pasar) adalah Aplikasi yang dipergunakan untuk memungut Retribusi Pasar secara Elektronik di Kabupaten Humbang Hasundutan, Aplikasi ini dibangun melalui kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dengan Institut Teknologi Del yang beralamat di Laguboti Kabupaten Toba Sumatera Utara.

Cara Kerja Aplikasi ini sangat sederhana, Aplikasi berbasis android ini diinstal ke dalam Smartphone yang terhubung dengan Printer Portable, setiap transaksi akan tercatat dalam Aplikasi yang dapat dipantau setiap saat dari Kantor Pengelola. Besaran Tagihan akan diketahui real time setiap harinya di saat pemungutan selesai dilaksanakan di Pasar. Untuk pemungutan Retribusi Non Tunai, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan bekerjasama dengan Bank untuk membuat Aplikasi dan penyediaan Hardware, Pedagang dilengkapi Kartu E Money yang dapat di top up, dengan metode tapping ke mesin EDC, Retribusi Pasar akan langsung terdebet ke Kas Daerah.



Disamping sebagai sarana untuk Pemungutan Retribusi Pasarm Aplikasi SIAPPARA juga dilengkapi dengan Fitur Tambahan, yaitu Menu untuk melakukan entry harga Komoditi dan barng pokok, setiap Pagi, para Petugas Pasar mencatat harga komoditi setiap Pasar ke dalam Aplikasi yang akan dikirimkan ke Admin dan selanjutnya diposting ke Stus Pemerintah Daerah sebagai informasi harga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline