Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UNDIP Melakukan Penyuluhan Aplikasi Marketplace kepada Pedagang Konvensional.

Diperbarui: 7 Februari 2022   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Serang (07/02/2022) - Pandemi COVID-19 merupakan pandemi diseluruh negara, mengingat pandemi COVID-19 banyak memakan korban jiwa, membatasi interaksi sosial dan menghancurkan kegiatan perekonomian masyarakat. Hal ini membuat wabah COVID-19 ini tampil sebagai musuh yang menghantui masyarakat Indonesia bahkan dunia. Perekonomian masyarakat sangat terdampak, terutama pedagang-pedagang konvensional yang setiap hari berinteraksi dengan cara bertatap muka langsung dengan pembeli.

Timbul suatu ide, yang menggunakan Smartphone sebagai media. Ide tersebut adalah penyuluhan aplikasi marketplace kepada pedagang konvensional via Google Meet. Aplikasi marketplace sangat banyak dan menjamur di Google Play Store pada Android atau App Store pada iOS. Namun, karena banyaknya marketplace, maka diseleksi jadi 3 marketplace yang paling popular, dilansir www.e-culture.id menyatakan ada 3 marketplace, yakni Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Latar belakang program ini adalah masyarakat terdampak pandemi COVID-19 dari sisi ekonomi banyak yang terkena Putus Hubungan Kerja (PHK) dan adanya pembatasan akitivitas keluar rumah yang berpengaruh kepada penurunan pendapatan keluarga, perlu dilakukan alternatif kegiatan ekonomi untuk menopang ekonomi keluarga dengan penyuluhan penggunaan marketplace untuk berjualan secara online.

Universitas Diponegoro (UNDIP) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat merumuskan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam rangka kontribusi untuk pencegahan dan penanganan COVID-19 yang sedang mewabah saat ini. Kegiatan KKN UNDIP Tim 1 2021/2022 yang dilaksanakan oleh Muhammad Fadli Fauzan, Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Matematika UNDIP melakukan kegiatan yakni 1). Mengajarkan cara membuat toko di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, 2). Mengajarkan dan saling sharing tentang algoritma website di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak dan 3). Saling bertukar pikiran dengan pedagang konvensional. Kegiatan KKN ini dilakukan di Perumahan Citra Gading Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang.

Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Citra Gading  Mart (CG Mart), Citra Gading Mart atau disingkat CG Mart sendiri adalah komunitas pedagang-pedagang konvensional yang berkumpul untuk membuat grup whatsapp dan grup whatsapp tersebut diisi dengan jual beli antar pedagang konvensional khusus di wilayah perumahan Citra Gading, Kelurahan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten.

Sebelum mulainya acara, ada presensi untuk kehadiran, ada 17 pedagang konvensional yang mengisi presensi. Dan pada berlangsungnya acara, ada pedagang-pedagang konvensional yang join meet tanpa mengisi presensi terlebih dahulu. Namun, pada sesi foto bersama setelah presentasi, ada beberapa pedagang konvensional yang left meet.

Foto bersama dengan Pedagang Konvensional/dokumentasi pribadi

Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh pedagang-pedagang konvensional dan pedagang-pedagang konvensional yang hadir bisa mendapatkan sertifikat.  Dengan ditandatangani oleh Ketua Citra Gading Mart yaitu Rosyid Mustofa, ST dan penulis sebagai mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 2021/2022.

Sertifikat Penyuluhan

Kegiatan ini diharapkan warga dapat terbuka pikirannya dan mendapatkan ilmu baru, serta bisa dipraktekan di kehidupan sehari-hari agar perekonomian masyarakat tidak menurun. Tidak hanya itu, dapat membantu dan mendukung salah satu tugas gugus tugas pencegahan COVID-19 serta dapat menghilangkan rasa cemas dan trauma akan keadaan di luar lingkungannya.

KKN TIM I UNDIP 2021/2022

Penulis :Muhammad Fadli Fauzan.
DPL: Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline