Lanjut lagi....mesin triumph Daytona 765 seperti yang dipakai di ajang Moto2, bakal dipakai juga di BSB GP2 class tahun ini. Motor yang mengaplikasikannya adalah motor dengan chassis buatan ABM/Associated British Motorcycles. Brand ini masih sekerabat dengan Spirit Motorcycle/Inggris dan tuner T3 racing/Inggris.
Berikut foto motor ABM GP2 generasi ke-1 ( sebelah kanan ) dan motor ABM GP2 generasi ke-2 ( sebelah kiri ). Note, motor generasi ke-1 masih menggunakan mesin Triumph 675 yang di tune up oleh T3 Racing. Motor generasi ke-1 tersebut mulai terjun ke GP2 sejak tahun 2018.
Prestasi di tahun 2018 dan 2019 cukup bagus dengan berhasil meraih podium dan kemenangan beberapa kali. Terlihat fairing generasi ke-2 sudah berbeda, dengan moncong air intake di tengah.
Chassis mestinya sama dengan chassis motor Spirit GPStreet/Inggris, swing arm beda.
Bandingkan dengan chassis Triumph 765 edisi Moto2.
Spatbor depan lebih aerodinamis dan mirip Kalex
Tabung suspensi depan terbuat dari carbon/ceramic. Disuplai oleh CeraCarbon. Bukan K-Tech ?
CeraCarbon juga menyuplai sprocket berteknologi baru. Sprocket terbuat dari bahan alloy tahan gesek yang dipadu dengan material carbon di beberapa bagian dengan tujuan mendapatkan performa yang tetap handal tetapi bobot lebih ringan.
Pujian datang dari publik Inggris, tetapi kira-kira siapa yang berani menerima tantangan untuk memakainya di kompetisi FIM Moto2 ?
Sumber berita dan foto:
Facebook T3 Racing