Lihat ke Halaman Asli

Ozy V. Alandika

TERVERIFIKASI

Guru, Blogger

1 Hari Hafal 5 Ayat Qur'an Saja, Saat Lebaran Nanti Kita Sudah Hafal 1 Juz!

Diperbarui: 24 April 2020   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Qur'an Hafalan. Dok. Ozy V. Alandika

Ramadhan tahun ini, barangkali sebagian besar orang jadi kesepian. Sepi karena harus menerapkan kebijakan pencegahan penyebaran Covid-19 berupa belajar dari rumah, bekerja dari rumah serta beribadah dari rumah.

Cukup dilema rasanya. Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya selalu ramai dengan lalu-lalang orang beribadah. Mulai sore hari, ramai berjualan takjil di sana-sini. Ada yang mempersiapkan kegiatan buka bersama, bagi-bagi takjil hingga singgah ke panti asuhan.

Momentum Ramadhan sangat pas dan mampu memberikan kita peluang untuk mendapatkan pahala yang lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya. Secara, Ramadhan banyak keutamaannya, dan Allah senantiasa menghadiahkan berlipat-lipat pahala bagi hamba-Nya.

Tapi, Covid-19 malah berbicara lain. Sontak saja, demi kemaslahatan umat akhirnya ibadah cukup dijalankan dari rumah. Tarawih berjamaah di rumah, dan tadarusan juga di rumah.

Walau begitu, kita tetap bersyukur karena masih diberikan nikmat oleh Allah untuk memetik keutamaan-keutamaan Ramadhan. Terang saja, banyak saudara-saudara yang telah meninggalkan kita tanpa sempat mencapai bulan Ramadhan.

Nah, kali ini saya akan membagikan sedikit tips agar kita lebih dekat dengan Al-Qur'an. Bulan puasa tahun lalu, biasanya kalian sering tadarusan di masjid sampai jelang tengah malam, kan? Pasti banyak yang jawab iya.

Jujur saja, itu momen-momen yang sangat indah dan krusial bagi setiap hamba untuk meningkatkan kualitas ibadah, salah satunya dengan membaca Al-Qur'an. Banyak keberkahan darinya, hati ini pula akan tertata rapi dan bersih karena Qur'an.

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." Qur'an Surah Al-Isra' ayat 82

Salah satu keutamaan Qur'an yang tertera dalam Qur'an itu sendiri adalah, orang yang membacanya akan mendapatkan ketenangan hati. Al-Qur'an menjadi penawar alias obat hati bagi orang-orang yang sering berkecamuk hatinya. Tambah lagi, Al-Qur'an juga rahmat yang Allah berikan kepada orang-orang beriman.

Maka, beruntunglah kita yang sehari-harinya sering membaca Qur'an. 1 hari 1 ayat, 1 hari 1 juz, atau bahkan 1 hari 30 juz. Makin banyak makin bagus, asalkan ada keikhlasan yang ditanamkan di awal dan selalu mengharapkan ridha Allah semata.

Tapi, apakah kita sudah hafal Qur'an? 1 Juz? 5 Juz? Atau 30 Juz? Alhamdulillah jika sudah hafal, semoga Al-Qur'an bisa jadi penolong diri dan keluarga kita di hari kiamat nanti. Aamiin.

Lalu, bagaimana dengan saya yang belum hafal Qur'an?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline